Berita Jember

Plesir ke Tiga Air Terjun Sumbersalak yang Patut Dikunjungi di Jember

Tiga air terjun itu adalah Air Terjun dan Pemandian Damarwulan, Air Terjun Damarwulan 2, serta Air Terjun Anjasmoro. Ketiga air terjun ini berdekatan.

Plesir ke Tiga Air Terjun Sumbersalak yang Patut Dikunjungi di Jember
surabaya.tribunnews.com/sri wahyunik
Pemandian Damarwulan di Sumbersalak, Jember 

SURYA.co.id | JEMBER - Air terjun merupakan destinasi wisata yang terkenal dari Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Ada tiga air terjun yang bisa dijelajahi pengunjung.

Tiga air terjun itu adalah Air Terjun dan Pemandian Damarwulan, Air Terjun Damarwulan 2, serta Air Terjun Anjasmoro. Ketiga air terjun ini berdekatan.

Surya menyambangi dua air terjun itu di akhir Oktober ini. Surya menjelajahi Pemandian Damarwulan dan Air Terjun Damarwulan. Pemandian Damarwulan ini dilengkapi dengan air terjun berukuran pendek, sekitar 1,5 meter. Air terjun ini juga bisa disebut Air Terjun Damarwulan 1. Dari Pemandian Damarwulan, berlanjut ke Air Terjun Damarwulan 2.

Damarwulan diambil dari nama Damarwulan, tokoh cerita rakyat yang berkaitan dengan kisah kerajaan Majapahit dan Blambangan. Warga Desa Sumbersalak memiliki 'hubungan' dengan kisah Damarwulan. Sebab mereka meyakini, Damarwulan lahir di Desa Sumbersalak, tepatnya di Dusun Paluombo. Letak dusun itu tidak terlalu jauh dengan Air Terjun Damarwulan yang berada di Dusun Salak.

Untuk menuju Air Terjun Damarwulan, pengunjung harus melewati jalan yang membentang di tengah areal persawahan. Kontur persawahan yang keren menjadi pemandangan tersendiri ke air terjun itu. Kendaraan roda dua saja yang baru bisa menjangkau sampai ke dekat air terjun tersebut.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda empat dan suka berpetualang berjalan kaki, harus menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer menuju Pemandian Damarwulan dan Air Terjun Damarwulan 1.

Dengan pemandangan persawahan yang indah, perjalanan menuju Air Terjun Damarwulan tidaklah merugi. Pemandian Damarwulan lokasi yang pertama dijujug. Pemandian itu dulunya merupakan kolam alami. Warga setempat kerap memakai kolam alami itu untuk mandi.

"Dulu memang ada kolam alami di sini. Dan disebut sebagai Pemandian Damarwulan. Tetapi apakah Damarwulan dulunya bermain di pemandian sini, itu yang kami tidak tahu," ujar Khosin Alfiandani, Ketua Pokja Air Terjun Damarwulan.

Pemandian itu diperindah dengan air terjun setinggi 1,5 meter. Beberapa pengunjung menamai air terjun mini itu memakai nama air terjun Niagara mini. Namun Pokja Air Terjun Damarwulan menyebutnya sebagai Air Terjun Damarwulan 1.

Tempat itu aman sebagai lokasi mandi, bagi orang dewasa dan anak-anak. Pokja juga menyediakan pemandu, dan tim keamanan. Pokja juga menyediakan ban yang bisa disewa untuk bermain air di tempat itu.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved