Desa Wisata

Desa Wisata Labuhan Bangkalan, Pengunjung Bisa Melihat Terumbu Karang dengan Mata Telanjang

Kendati wisata terumbu karang di Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, belum rampung, para pengunjung mulai berdatangan.

Desa Wisata Labuhan Bangkalan, Pengunjung Bisa Melihat Terumbu Karang dengan Mata Telanjang
surya/ahmad faisol
Syahril, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Payung Kuning Desa Wisata Labuhan Bangkalan. 

Kendati wisata terumbu karang di Desa Labuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, belum rampung, para pengunjung mulai berdatangan.

Para pengunjung ini kebanyakan mahasiswa.

Mereka mendirikan tenda, dan menggelar penelitian untuk kebutuhan skripsi dan lainnya.

SURYA.co.id | BANGKALAN - Suara palu dari lokasi pembuatan tracking (geladak) terdengar nyaring, terbawa semilir angin pesisir pantai, Minggu (20/10/2019).

Senja itu, para tukang mulai mengemas peralatan tukangnya. Seorang di antaranya nampak memaku kayu untuk menutup akses menuju tracking.

Geladak sejauh kurang lebih 175 meter yang mulai digarap di awal Oktober 2019 itu sengaja belum boleh diakses pengunjung karena proses pembuatan belum rampung.

"Mereka (para tukang) adalah warga sini, sepuluh orang. Kami sengaja melibatkan mereka agar merasa turut memiliki area konservasi terumbu karang ini," ungkap Moh Syahril, Ketua Kelompok Sadar
Wisata (Pokdarwis) Payung Kuning Desa Labuhan.

Kelak, tracking berbahan kayu yang dibangun membelah hutan mangrove itu akan mengantarkan para
pengunjung menuju wisata konservasi terumbu karang.

"Ada 10 perahu nelayan yang siap mengantar pengunjung ke area konservasi terumbu. Jika air tenang, terumbu di kedalaman empat bisa dilihat dengan mata telanjang," jelasnya.

Sambil memungut sampah plastik, Syahril memaparkan, transplantasi terumbu karang yang telah dimulai sejak 2017 itu merupakan upaya mengembalikan habitat bawah laut.

Halaman
1234
Penulis: Ahmad Faisol
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved