Sambang Kampung

Aktif Berdayakan Bank Sampah, Warga RT 04 RW 06 Wonorejo Surabaya Dapat Pundi Rupiah dari Sampah

setelah mendapat penjelasan yang menarik dilengkapi dengan cara-caranya, warga RT 04 RW 06 Wonorejo Surabaya pun semangat menjajal bank sampah.

Aktif Berdayakan Bank Sampah, Warga RT 04 RW 06 Wonorejo Surabaya Dapat Pundi Rupiah dari Sampah
istimewa
Bank sampah warga RT 04 RW 06 Wonorejo, Tegalsari, Surabaya 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebuah penyuluhan soal bank sampah berhasil mengubah cara pandang warga RT 04 RW 06 Wonorejo, Tegalsari, Surabaya terhadap sampah. Satu di antara penggagas bank sampah, Indah Kusumawati (47), mengaku sebelumnya sama sekali tidak tertarik dengan bank sampah.

Namun, setelah mendapat penjelasan yang menarik dilengkapi dengan cara-caranya, warga pun semangat menjajal bank sampah.

"Akhirnya kami memulai bank sampah pada 2012, dan sampai sekarang aktif sekali. Kami punya 74 nasabah aktif," tutur Indah, Senin (7/10/2019).

Sambang Kampung RT 04 RW 06 Wonorejo Surabaya, Manfaatkan Rumah Kosong Jadi Kebun Sayur

Indah menambahkan ia sempat diundang acara penghargaan lingkungan dan kampungnya mendapat peringkat terbaik keempat.

Sampah-sampah hasil warga tersebut dikirim ke Bank Sampah Induk PLN.

"Paling banyak, kami mengumpulkan 714,12 kilogram sampah, dan menghasilkan Rp 1.109.200," ungkapnya.

Fasilitator Lingkungan Kelurahan Wonorejo, Achmad Fitrah, juga mengakui betapa antusiasnya warga RT 04 RW 06 Wonorejo menabung di bank sampah.

Penghasilan dari bank sampah pun disebut-sebut cukup besar.

Beberapa warga memanfaatkannya untuk membayar listrik atau gas, ada pula yang disisakan untuk mereka berlibur bersama-sama.

"Bank sampah kami jalan banget dan sangat bermanfaat," imbuh Achmad.

Motivator Lingkungan Sub Bagian Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Adi Candra, menyebut Wonorejo sebagai kampung penuh tantangan.

Pasalnya, mereka berada di tengah kota dan padat penduduknya, sehingga berpotensi kumuh bila pengelolaan lingkungan tidak diperhatikan.

"Namun di Wonorejo justru sangat berbeda. Masyarakat sangat cerdas dalam mengelola lingkungan yang bersih, hijau, indah dan sehat. Banyak potensi dan produk unggulan kampung seperti aneka produk makanan dan minuman," tandas Adi.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved