Berita Pasuruan

Sempat Diprotes Warga & Dewan, PT Baramuda Bahari Pasuruan Akhirnya Perbaiki Pipa Limbah yang Rusak

PT Baramuda Bahari sedang meningkatkan kemampuan pengelolaan limbah secara terus menerus hingga akhir tahun 2019

Sempat Diprotes Warga & Dewan, PT Baramuda Bahari Pasuruan Akhirnya Perbaiki Pipa Limbah yang Rusak
galih lintartika/surya
Tim HSE saat memperbaiki pipa saluran bak pengolahan limbah yang rusak. 

SURYA.co.id | PASURUAN - PT Baramuda Bahari akhirnya langsung memperbaiki pipa sludge yang berada
di IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Perbaikan ini dilakukan di pipa bak pengolahan menuju pengendapan (clarifier).

Beberapa waktu lalu, sempat terjadi penyumbatan oleh lumpur, sehingga tidak bekerja maksimal. Bahkan, tidak berfungsinya pipa ini sempat diprotes warga dan disidak anggota DPRD Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu.

Proses perbaikan memakan waktu kurang lebih selama 30 menit. Pipa yang tersumbat dilepas untuk segera dibersihkan. Setelah itu, rembesan di bawah tembok pagar IPAL yang disebabkan karena lubang kecil di tembok tersebut ditambal.

Demo Protes Limbah Cair di Pasuruan Masih Berlangsung, Warga Sindir Pemerintah dan Pengusaha

Perbaikan dilakukan langsung oleh tim HSE dan sudah sesuai dengan prosedur yang ada.

Menurut Moch. Zaini, HSE Section Head, ekses seperti rembesan dalam perbaikan ini adalah murni tanpa ada unsur kesengajaan.

“Tidak ada unsur kesengajaan dalam peristiwa merembesnya lumpur ekses ini. Kami sedang melepas pipa saluran yang tersumbat kotoran untuk dibersihkan," kata dia.

Ia menjelaskan, perbaikan memang harus dilakukan cepat, agar kualitas output dari bak pengolahan tetap bagus dan jernih.

"Lumpur yang merembes itu sendiri berupa endapan yang tidak berbau dan kita sudah sedot untuk dimasukan kembali ke bak aerasi,” urainya.

Zaini menambahkan, langkah perbaikan yang akan dilakukan selanjutnya adalah dengan melibatkan departemen terkait yaitu Civil Engineering.

"Saat ini PT Baramuda Bahari sedang meningkatkan kemampuan pengelolaan limbah secara terus menerus hingga akhir tahun 2019," ujarnya.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved