Kreasi Membuat Kalung dari Plastik Shrink, Gambar Sesuai Keinginan

Plastik shrink berbentuk seperti lembaran kertas namun kedua sisinya memiliki tekstur yang berbeda. Satu sisi bertekstur licin, sementara sisi lainnya

Kreasi Membuat Kalung dari Plastik Shrink, Gambar Sesuai Keinginan
SURYA.co.id/Christine Ayu Nurchayanti
Kreasi kalung dari plastik shrink 

SURYA.co.id | SURABAYA - Apakah Anda ingin berkreasi membuat kalung yang bandulnya hasil gambar sendiri? Jika iya, kreasi kalung yang terbuat dari plastik shrink bisa menjadi pilihan.

Plastik shrink, ungkap Fenchilia Zhang, founder sekaligus owner Origamine, berbentuk seperti lembaran kertas namun kedua sisinya memiliki tekstur yang berbeda. Satu sisi bertekstur licin, sementara sisi lainnya bertekstur kasar.

"Ketika plastik ini dimasukkan ke dalam oven, ukurannya akan berubah lebih kecil dua kali lipat dan mengeras," ungkap Lia, sapaan akrab Fenchilia Zhang.

Untuk menjadikannya sebagai bandul kalung, Lia menuturkan tidak membutuhkan keahlian khusus. Semua orang, ungkapnya, sangat bisa membuatnya.

Selain plastik shrink, bahan-bahan lain yang dibutuhkan yaitu pensil warna, spidol permanen, serta rantai kalung. Tak lupa pula oven yang digunakan untuk mengeraskan plastik shrink.

"Tahap pertama yaitu menentukan yang ingin digambar. Bisa floral atau karakter seperti Mickey Mouse, Iron Man, Princess Jasmine, Thanos dan lain sebagainya," Lia menuturkan.

Setelah itu, letakkan plastik shrink di atas contoh gambar yang telah dipilih. Kemudian tinggal menggambar menggunakan spidol mengikuti contoh gambar yang ada.

Namun, posisikan gambar dalam bentuk sebaliknya atau mirroring. Setelah digambar, langkah selanjutnya yaitu mewarnai menggunakan pensil warna.

"Menggambarnya, di sisi plastik yang teksturnya kasar. Agar hasilnya bagus, pewarnaannya harus rapi dan tebal," ungkapnya.

Setelah proses menggambar dan mewarnai rampung, maka beri satu lubang untuk memasukkan rantai kalung. Jika sudah, plastik shrink pun siap untuk dioven.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved