Berita Surabaya

Ini Makna Gapura Bernuansa Batik Merah Putih di Gerbang Polrestabes Surabaya

Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-74, Polrestabes Surabaya membangun gapura bertema nuansa kemerdekaan dibalut batik.

Ini Makna Gapura Bernuansa Batik Merah Putih di Gerbang Polrestabes Surabaya
istimewa
Gapura Polrestabes Surabaya bernuansa batik kemerdekaan, Jumat (16/8/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA – Sambut HUT Kemerdekaan RI ke-74, Polrestabes Surabaya membangun gapura bertema nuansa kemerdekaan dibalut batik. Gapura ini juga mengikuti ajang bergengsi Festival Gapura Cinta Negeri.

Acara yang diselenggarakan Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kementerian Dalam Negeri itu dimulai tanggal 17 Juli hingga 17 Agustus 2019. Gapura merah putih Polrestabes Surabaya memiliki motif dan filosofi.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi Nugroho, mengatakan sangat tertarik dengan adanya festival Gapura Cinta Negeri ini. Pihaknya sangat berterimakasih kepada seluruh jajaran yang menggerakkan dan menggelorakan semangat untuk membangun gapura ini.

“Gambar tangan menggenggam bendera merah putih mempunyai arti bahwa Indonesia benar-benar mengukuhkan telah merdeka selama 74 tahun. Kemerdekaan benar-benar telah dirasakan oleh segala lapisan rakyat Indonesia,” ujar Sandi.

Alumnus terbaik Akpol 1995 ini menambahkan bahwa Indonesia saat ini semakin mengokohkan posisinya di dunia internasional, bahwa Indonesia adalah negara yang kuat.

Indonesia yang mandiri, dalam hal teknologi, seni dan budaya.

“Hal ini senada dengan slogan Hari Kemerdekaan tahun 2019 ini, yakni SDM Unggul Indonesia Maju," tegasnya.

Sedangkan motif kain batik dalam gapura ini memberikan kesan mempertegas bahwa batik merupakan identitas bangsa.

“Salah satu kekhasan produk dari masyarakat Jawa adalah kain batik. Keindahan kain batik tidak dipungkiri lagi telah memukau dunia. Sehingga, dalam hal ini Polrestabes Surabaya merasa bangga telah menjadi bagian dari Jawa, Jawa Timur dan Indonesia, dengan ikut melestarikan budaya Jawa yakni kain batik," paparnya.

Penulis: Willy Abraham
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved