Berita Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi dan Kodam V Brawijaya MoU Revitalisasi Kantor Dagang Inggris

Tempat yang akan direvitalisasi adalah aset bersejarah milik TNI AD yang berlokasi persis di barat Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Blambangan.

Pemkab Banyuwangi dan Kodam V Brawijaya MoU Revitalisasi Kantor Dagang Inggris
surya.co.id/haorrahman
Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk merevitalisasi aset milik TNI AD. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Kodam V Brawijaya bekerja sama dengan Pemkab Banyuwangi bakal merevitalisasi bangunan bersejarah Kantor Dagang Inggris yang berdiri sejak awal abad ke-17 di Banyuwangi.

Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk merevitalisasi aset milik TNI AD tersebut untuk dikemas menjadi wisata sejarah.

Pangdam Wisnoe mengungkapkan apresiasinya terhadap proses yang telah berjalan ini.

"Syukur, akhirnya akhirnya MoU ini terlaksana hari ini. Dengan MoU ini, payung hukum untuk kerjasama revitalisasi Inggrisan telah ada," kata Mayjen Wisnoe.

Begitu halnya dengan Bupati Anas, menyatakan sangat bersyukur dengan proses kerjasama ini.

"Pemkab bersama TNI AD telah sama-sama bersepakat untuk mengembangkan peninggalan bersejarah di Banyuwangi. Terima kasih kepada pihak TNI AD yang telah mendukung rencana pengembangan ini untuk mendukung sektor pariwisata di Banyuwangi," kata Anas.

Tempat yang akan direvitalisasi adalah aset bersejarah milik TNI AD yang berlokasi persis di barat Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Blambangan.

Bangunan yang diperkirakan didirikan sekitar awal abad 17 ini dulunya merupakan kantor dagang Inggris yang didirikan oleh British East India Company (BEIC).

Bangunan itu dikenal dengan nama “Inggrisan”, dan kini telah menjadi bangunan cagar budaya Banyuwangi.

Dalam pengelolaan bersama ini, kata Anas, aset Inggrisan tetap milik TNI AD.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved