Ibadah Haji 2019

Sejumlah Rahasia Panjang Umur Nenek Sumiati, Calon Jemaah Haji Tertua Berusia 107 Tahun Asal Jombang

"Sehari-hari mandi pagi, jam 03.00 WIB Tahajud. Mandi sebelum shalat rutin. Shalat subuh," ujar nenek empat cucu.

Sejumlah Rahasia Panjang Umur Nenek Sumiati, Calon Jemaah Haji Tertua Berusia 107 Tahun Asal Jombang
SURYAOnline/nur ika anisa
Nenek Sumiati berusia 107 tahun CJH tertua embarkasi Surabaya. Rahasia sehatnya di antaranya puasa Senin-Kamis. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Tekunan beribadah menjadi resep sehat nenek Sumiati hingga berusai 107 tahun.

Selain itu rahasia panjang umur calon jemaah haji (CJH) tertua Jawa Timur  adalah berdoa dan beristighfar, meminta ampunan kepada Allah.

CJH asal Jombang itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 53 Embarkasi Surabaya ini mengungkapkan sejumlah kunci sehatnya di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa (23/7/2019). 

"Berdoa, ikhlas, sabar, nyebut istighfar, astaghfirullah, La Hawla Wa Laa Quwwata Illah Billah. Iklas urip niki kudu ikhlas (Berdoa, ikhlas, sabat, mengucap istighfar dan harus ikhlas menjalani hidup)" kata Nenek Sumiati di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Selasa (23/7/2019).

Rutinitasnya pun diakui tak jauh dari shalat. Setiap hari sang Nenek  mengaku bangun malam hari untuk salat Tahajud, sembari menunggu waktu salat Subuh.

"Sehari-hari mandi pagi, jam 03.00 WIB Tahajud. Mandi sebelum shalat rutin. Shalat subuh," ujar nenek  empat cucu.

Meski tak muda lagi dan sempat dirawat inap lantaran penyakit infeksi paru-paru dan jantung, Nenek Sumiati mengaku rutin berpuasa sunnah senin-kamis.

"Sehat makan sayur, minumnya air putih saja. Puasa senin kamis iya. Ingin haji sudah lama tapi tidak punya uang," kata dia.

Keinginannya untuk berhaji telah diimpikan sejak lama, ia kerap mengatakan kepada anaknya untuk dapat melengkapi rukun Islam sebelum menghadap Ilahi (meninggal dunia).

"Keinginan dari dulu tapi baru keturutan. Saya bilang, semoga sebelum umur saya habis, saya bisa haji. Doa saya ingin selamat semua, anak-anak jadi anak sholeh sholehah kemarin saya ndak bisa jalan tapi sekarang bisa sedikit-sedikit," kata dia.

Hal itu turut diceritakan oleh Yatim Dwi, anak kedua Nenek Sumiati yang ikut mendampinginya berangkat ke tanah suci.

"Ibu pernah bercerita, saya ingin naik haji sebelum meninggal dunia. Alhamdulillah tahun ini bisa. Semoga, doakan saja ya Mbah sehat dan kesampaian keinginannya," pungkas Yatim Dwi.

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved