Sambang Kampung Kendangsari

Rintis Kampung Pelangi, Sembilan Gang RT 03/RW IV Kendangsari mulai Dipermak Warna-Warni

Sejak 2018 warna-warni tembok dan jalan di Kendangsari gang XIV telah menjadi kekhasan RT 03 RW IV, Kelurahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo.

Rintis Kampung Pelangi, Sembilan Gang RT 03/RW IV Kendangsari mulai Dipermak Warna-Warni
SURYAOnline/ahmad zaimul haq
KAMPUNG PELANGI - Warga dan mahasiswa Unair yang sedang berkegiatan KKN melakukan pengecatan kampung menjadi warna-warni yang nantinya merupakan salah satu spot foto terbaru di Surabaya di kampung pelangi Kendangsari gang XIV RT 3 RW 4 Kec. Tenggilis Mejoyo. Pengecatan itu merupakan lanjutan seluas satu RT yang terdiri dari 9 gang. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejak 2018 warna-warni tembok dan jalan di Kendangsari gang XIV telah menjadi kekhasan RT 03 RW IV, Kelurahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo.

Tahun ini, warga kembali bergotong royong melanjutkan pengecatan kampung merambah ke sembilan gang kecil yang ada di kampung.

Hal ini tak lepas dari dukungan mahasiswa Universitas Airlangga yabg mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Pendidikan Tinggi (Dikti) di kampung ini.

Dengan munculnya beragam corak,gambar dan himbauan berwarna warni di tembok rumah warga perlahan menghapus kesan kumuh dan padat kawasan tersebut.

Ketua RT 3, Suliono mengatakan warga mau ikut turut serta mengecat kampungnya karena kebersamaan yang menjadi pendekatan para mahasiswa.

Sebagian warga tampak sibuk menggambar kartun, sebagian lagi mengecat pagar rumahnya dan beberapa juga membantu mahasiswa membuat himbauan kesehatan.

Suliono mengungkapkan selama ini warga hanya mampu bekerja bakti secara rutin jika mendekati peringatan kemerdekaan. Banyaknya warga pendatang yang sibuk bekerja juga membuat warga yabg ikut kerja bakti semakin minim.

"Kalau pas mereka libur tidak pulang kampung pasti mau ikut kerja bakti. Apalagi kampung kami mau diarahkan biar seperti kampung Jodipan di Malang,"paparnya.

Suliono mengungkapkan berkali-kali mengajukan bantuan musrembang untuk fasilitas kampung belum terpenuhi. Sehingga pihaknya sangat berterima kasih atas terpilihnya Kampung RT 3, RW 4 sebagai kampung binaan KKN Unair sehingga bisa menuju Kampung Pelangi.

“Ketika mengikuti study banding ke Jodipan bersama para mahasiswa, memang sangat berarti buat warga. Karena kami dapat melihat pengelolaan kampung yang cukup baik dan terkoordinasi. Namun, untuk menjadi seperti Jodipan memerlukan proses panjang,"urainya.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved