Berita Surabaya

150 Tim Ikuti Java Robot Contest di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Ratusan peserta Java Robot Contest (JRC) terlihat sibuk menyiapkan robot mereka untuk kompetisi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

150 Tim Ikuti Java Robot Contest di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
SURYA.co.id/Sulvi Sofiana
Lomba robot Transporter Analog dalam Java Robot Contest (JRC) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). 

SURYA.co.id | Surabaya - Ratusan peserta Java Robot Contest (JRC) terlihat sibuk menyiapkan robot mereka untuk kompetisi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Tak hanya remaja dan dewasa, sejumlah anak SD dan SMP juga mengikuti kompetisi ini.

Seperti Wildan Farzana, siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 20 Surabaya yang mengikuti JRC bersama delapan temannya.

Mereka yang masih SD mengikuti kompetisi kategori Manual Transporter (MT) secara tim, satu timnya berisi tiga anak, mereka membagi tugas sebagai pilot robot, dan teknisinya.

"Kami dua hari merakit robotnya, inikan robot pencapit. Hari pertama capit robotnya tidak kuat, kemudian kami tambahi busa,"ujar anak yang memakai seragam tim berwarna kuning ini.

Iapun mengungkapkan robotika telah menjadi salah satu ekstrakurikuler yang digemari di sekolahnya. Sehingga ada tiga tim yang mewakili sekolah untuk berlomba.

Tak hanya dari Surabaya, salah satu tim datang dari SD Khalifah, Palu, Sulawesi tengah. Yaitu Rafa Fauzan (9), Dimas Fatithya (10) dan Nafita Athaya (9) yang mewakiki sekolahnya berkompetisi dengan robot yang telah mereka pelajari di sekolah.

"Kami sudah bisa nyoder dna memasnag bagian robot. Tadi sempat roda robotnya nggak mutar, tapi sudah kami perbaiki karena masalah dinamo,"ungkap Rafa.

Rafa mengungkapkan setiap robot yang dibawa peserta meskipun sama-sama robot pencapit analog tetapi memiliki desain yang berbeda. Iapun cukup percaya diri dengan robot mereka.

"Bentuk, capit sama ukurannya berbeda. Capit robot kami bagus karena penjepitnya kuat,"ungkap Rafa.

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved