Berita Jember

Tape Singkong Kuning, Suwar-Suwir, dan Edamame, Oleh-Oleh dari Jember Siap Diburu saat Libur Lebaran

Tape singkong kuning, suwar-suwir, dan edamame, adalah penganan khas Jember yang bisa anda beli untuk oleh-oleh saat Lebaran

Tape Singkong Kuning, Suwar-Suwir, dan Edamame, Oleh-Oleh dari Jember Siap Diburu saat Libur Lebaran
surya/sri wahyunik
Suwar-suwir, jajanan dari jember yang biasa diburu jadi oleh-oleh Lebaran 

SURYA.co.id | JEMBER - Tape singkong kuning, suwar-suwir, dan edamame, adalah penganan khas Jember yang bisa anda beli untuk oleh-oleh saat Lebaran nanti. Selain tiga penganan di atas, makanan berbahan tape singkong seperti prol tape juga bisa menjadi pilihan.

Tape singkong kuning, merupakan makanan yang paling laris menjelang Lebaran dan saat libur Lebaran. Warga dari luar kota yang melintasi Jember, maupun mudik ke Jember banyak memburu penganan manis ini.

Sementara suwar-suwir adalah penganan khas berbahan baku tape singkong yang dimasak menjadi dodol. Makanan ini merupakan makanan khas Jember.

Sedangkan edamame, atau kedelai edamame merupakan kedelai beku siap makan yang sehat dan diproduksi oleh PT Mitra Tani Dua Tujuh Jember. Perusahaan ini ada di Jember.

Meskipun produknya banyak dikirimkan ke luar negeri, edamame siap makan juga dijual di Jember, dan termasuk dalam ranah camilan khas Jember.

Apalagi sejumlah pelaku UMKM juga mengolah edamame menjadi varian baru, seperti edamame goreng dan edamame krispi.

Warga Kelurahan Tegalbesar Kecamatan Kaliwates Jember, Tutik, yang ditemui Surya di sentra penjualan oleh-oleh di Jalan Gajah Mada Jember, mengaku membeli tape singkong kuning dan suwar-suwir untuk dibawanya mudik ke Yogyakarta.

"Teman-teman dan saudara suka sama tape singkong dari Jember. Rasanya lebih manis, dan beda karena yang dari sini warnanya kan kuning. Kalau yang pada umumnya putih, dan tidak se-enak dari Jember," ujar Tutik yang membeli 12 kotak tape singkong kuning untuk oleh-oleh.

Tidak hanya tape singkong, Tutik juga membeli suwar-suwir.

"Suwar-suwir itu dodol khas Jember, kalau di tempat lain biasanya kan buah kayak sirsak begitu. Suwar-suwir dari tape dan kerasa tapenya," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved