Ramadan 1440 H

SMP Muhammadiyah 4 Surabaya Ajarkan Siswa Peduli Sesama melalui Bagi-bagi Takjil di Bulan Ramadan

Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, SMP Muhammadiyah 4 Surabaya melatih para siswanya untuk peduli terhadap sesama melalui bagi-bagi takjil.

SMP Muhammadiyah 4 Surabaya Ajarkan Siswa Peduli Sesama melalui Bagi-bagi Takjil di Bulan Ramadan
surya.co.id/christine ayu nurchayanti
Suasana bagi-bagi takjil para siswa dan siswi SMP Muhammadiyah 4 Surabaya, Selasa (28/5/2019). 

Surya.co.id | SURABAYA - Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, SMP Muhammadiyah 4 Surabaya melatih para siswanya untuk peduli terhadap sesama melalui bagi-bagi takjil, Selasa (28/5/2019).

Sekitar tiga ratus siswa yang duduk di bangku kelas 7, 8, dan 9 menyisihkan sedikit rezekinya dengan cara memberi dua bungkus takjil yang masing-masing terdiri dari dua roti dan satu air minum.

Ratusan takjil tersebut dibagikan para pengguna jalan yang melintas di frontage road Jalan A Yani, persisnya di depan RSAL dr Ramelan Surabaya. Pembagian ini  diwakili oleh para siswadan si swi kelas 7.

"Ini merupakan agenda tahunan kami yang bertujuan memberi pelajaran bagi anak-anak dalam hal berbagi kepada sesama. Apalagi di bulan Ramadan seperti ini, pahala mereka akan dilipatgandakan," tutur Asep Saputro SPsi, kepala SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

Asep pun mengapresiasi para siswa yang antusias dalam kegiatan ini. Beberapa siswa bahkan membawa lebih dari dua bungkus takjil.

"Tahun ini para siswa lebih antusias, mereka banyak membawa lebih dari batas minimal yang kami tentukan," tutur Yulianto SPdi, ketua pelaksana sekaligus guru PAI SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

Target pembagian takjil ini, lanjut Yulianto adalah orang yang melangsungkan perjalanan, baik pengendara motor, mobil, maupun pejalan kaki.

"Selain mengasah empati para siswa, kami berharap bisa membantu orang-orang yang sedang dalam perjalanan agar bisa membatalkan puasa jika belum sampai tujuan ketika magrib," jelas Asep.

Silvia, siswi kelas 7 menuturkan bahwa dirinya senang bisa ikut berpartisipasi dalam acara bagi-bagi takjil yang diselenggarakan oleh sekolahnya.

"Saya bahagia bisa saling berbagi, orang tua pun mendukung karena ini merupakan positif. Yang paling banyak dapat takjil tadi dari para ojek online,"  dirinya menuturkan.

Sementara siswa kelas 7 membagi takjil, para siswa kelas 8 dan9 membagi zakat fit rah dan sodaqoh kepada warga yangmembutuhkan.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved