Ramadhan 2019

Manfaat Puasa Dalam Jangka Panjang Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Riset Ilmuwan Barat

Menjalankan ibadah puasa ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama jika melakukan puasa dalam jangka panjang.

Manfaat Puasa Dalam Jangka Panjang Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Riset Ilmuwan Barat
www
Puasa Ramadan 19 jam 

SURYA.co.id - Menjalankan ibadah puasa ternyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama jika melakukan puasa dalam jangka panjang.

Tentu saja hal ini sesuai anjuran Allah SWT kepada umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah.

Lalu apa saja manfaat berpuasa? 

Ada pun manfaat puasa mulai dari menjaga kestabilan berat badan, higga meningkatkan kualitas tidur.

Dikutip dari CNN, hal ini sesuai dengan hasil riset dari Pennington Biomedical Research Centre di Lousiana, Corby Martin.

Dalam studi yang dia lakukan terhadap 218 responden, ditemukan bahwa puasa dalam jangka panjang bermanfaat bagi kesehatan.

Seperti dipublikasikan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, dalam studi tersebut Martin meminta responden untuk menerapkan pola makan puasa. Hasilnya, mereka yang menerapkan pola makan ini rata-rata mengalami penurunan berat badan sebanyak 10 persen.

Selain penurunan berat badan, terdapat pula laporan dari responden berupa perbaikan kualitas hidup, termasuk di antaranya kualitas tidur, kebugaran tubuh, serta dalam aktivitas seksual.

“Dengan rutin berpuasa, nafsu makan mereka jadi semakin reda dan terkontrol. Dari berat badan yang turun, responden juga memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Mereka menjadi lebih mudah untuk bergerak, serta mengurangi nyeri pada sendi,” imbuh Martin.

Dokter Razeen Mahroof, ahli kesehatan dari Oxford, seperti dikutip dari Independent juga menuturkan beberapa manfaat sehat dari rutin berpuasa. Dengan rutin puasa, tubuh menjadi lebih mudah dalam melakukan transisi pembakaran energi. Simpanan gula di tubuh menjadi sumber energi.

Halaman
1234
Penulis: Arum Puspita
Editor: Tri Mulyono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved