Harga Tiket Penerbangan Domestik Melambung Tinggi, Wisatawan Pilih Berlibur ke Luar Negeri

Harga tiket penerbangan domestik melambung tinggi, wisatawan pilih berlibur ke luar negeri.

net
Ilustrasi tiket pesawat 

SURYA.co.id - Maskapai penerbangan Indonesia mulai menaikkan harga tiket perjalanan domestik sejak akhir tahun 2018.

Bahkan, harga tiket penerbangan ke luar negeri bisa lebih murah hampir 40 persen jika dibandingkan dengan tiket penerbangan domestik.

Berdasarkan pemantauan di situs online travel agent (OTA), harga tiket pesawat Jakarta-Medan lebih mahal jika dibandingkan dengan Jakarta-Kuala Lumpur di hari yang sama.

Harga tiket penerbangan Jakarta-Medan yang termurah dengan maskapai penerbangan Lion Air dihargai Rp 1.547.300, di saat yang sama seseorang bisa membeli tiket Jakarta-Kuala Lumpur seharga Rp 745.000.
Menteri Pariwisata Arief Yahya bahkan sempat mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan domestik merosot hingga 30 persen sejak naiknya harga tiket pesawat.

Wisatawan domestik pun jadi lebih memertimbangkan untuk melakukan perjalanan wisata ke luar negeri dibanding harus merogoh kantong lebih dalam untuk berwisata di negara sendiri.

Fitri (22) misalnya, dalam satu bulan, dia bisa melakukan perjalanan ke luar kota hampir dua kali dalam satu bulan, salah satu destinasi yang paling sering dia kunjungi adalah Bali.

Tahun lalu saja, dia bisa menyambangi Bali hingga lima kali dalam satu tahun.

Pekerja swasta di Jakarta ini pun sangat menyayangkan kenaikan tiket pesawat yang cepat dan bersifat mendadak.

Pasalnya, tiket pesawat yang bisa dia dapatkan seharga Rp 1 juta untuk pulang-pergi ke Bali, kini dia harus merogoh kantongnya hingga Rp 2,5 juta, untuk harga tiket dari maskapai termurah, Lion Air.

Sementara untuk Citilink, dia harus merogoh kantongnya lebih dalam lagi, yaitu Rp 3 juta.

Halaman
123
Editor: Titis Jati Permata
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved