Kilas Balik

Cerita Aman Dimot Gerilyawan Kebal Peluru yang Bikin Frustasi Pasukan Belanda, Sempat Digilas Tank

Di tengah perlawanan sengit rakyat Aceh terhadap Belanda, ada seorang pemuda yang dikenal kebal peluru sehingga bikin pasukan Belanda frustasi

Kompas.com
Aksi Aman Dimot pejuang gerilyawan kebal peluru asal Aceh 

Tag: Aman Dimot, Pejuang, Pahlawan, Aceh Tengah, kebal peluru, Belanda

SURYA.co.id - Di tengah perlawanan sengit rakyat Aceh terhadap penjajah Belanda, ada seorang pemuda yang dikenal kebal peluru sehingga bikin pasukan Belanda frustasi

Pemuda dari dataran tinggi Gayo yang dikenal kebal peluru ini memang dianggap layak mendapatkan gelar pahlawan nasional.

Keberanian dan kemampuannya dalam perang gerilya melawan penjajah Belanda pada tahun 1940-an sangatlah berbeda dengan kemampuan pahlawan lain yang telah gugur di medan perang.

Dilansir dari Kompas.com, pemuda bernama Aman Dimot itu di bawah pimpinan Ilyas Leube berperang dengan cara yang unik, yaitu menghadang tank dan truk pasukan Belanda.

Bukan hanya itu, dia dianggap kebal dan memiliki ilmu kanuragan karena tidak tergores apabila disabet pedang ataupun tidak mempan ditembus peluru.

Panglima Aman Dimot (paling kanan) bersama rekan seperjuangannya
Panglima Aman Dimot (paling kanan) bersama rekan seperjuangannya (Kompas)

Pada tanggal 30 Juli 1949, di sekitar Tanah Karo, Sumatera Utara, pasukan Bagura dan Mujahidin asal Aceh Tengah mengintai dan menunggu iring-iringan tank dan 25 truk Belanda.

Pasukan berjumlah 45 orang itu menggunakan persenjataan senapan dan kelewang.

Berdasarkan sejumlah sumber, pasukan Barisan Gurilla Rakyat (Bagura) yang dipimpin Ilyas Leube bersama gerilyawan setempat menyerbu tank dan truk tersebut dengan membabi buta sehingga membuat pasukan marsose Belanda itu kalang kabut.

Diantara puluhan serdadu yang dipimpin Ilyas Leube itu ada seorang pemuda bernama Abu Bakar yang dijuluki dengan Pang atau (Sang Pemberani) Aman Dimot.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved