Breaking News:

Berita Surabaya

Gaji GTT Bisa Setara UMK, Ini 4 Opsi Gubernur Jatim Terpilih Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa membuka kemungkinan guru GTT bisa mendapatkan gaji dari APBD dengan nilai setara UMK

surya/fatimatuz zahro
Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa 

SURYA.co.id | SURABAYA - Gubernur Jawa Timur terpilih 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa membuka kemungkinan guru GTT bisa mendapatkan gaji dari APBD dengan nilai setara UMK.

Bahkan ia berharap bahwa di tahun 2020 mendatang, gaji guru berstatus GTT di Jawa Timur sudah bisa minimal setara UMK.

Namun ia menegaskan bahwa hal itu bisa terwujud dengan sistem sharing pendanaan. Sebab jika untuk GTT, APBD Pemprov untuk tahun depan sudah dialokasikan khusus.

Yaitu pemberian tunjangan untuk seluruh guru GTT di SMA dan SMK se Jawa Timur. Mereka dipastikan akan mendapatkan tunjangan Rp 750 ribu per bulan dari APBD Pemprov Jawa Timur.

"Anggarannya saat bahas APBD tahun depan baru pada pemenuhan keseluruhan GTT SMA dan SMK Se Jatim. Saat ini baru sekitar 35 persen GTT yang dapat tunjangan, nah tahun depan Insya Allah seratus persen GTT akan dapat tunjangan dari APBD Pemprov," kata Khofifah.

Lebih lanjut ada beberapa opsi yang bisa dilakukan agar GTT bisa mendapatkan gaji setara dengan UMK.

Pertama, menurut Khofifah mereka diharapkan bisa mendapatkan tunjangan sertifikasi yang sebagaimana saat ini masih berlaku di guru yang sudah pegawai negeri.

Opsi yang kedua menurut Khofifah adalah dengan menerapkan sharing dengan sekolah di mana guru tersebut mengajar untuk memenuhi gaji guru tidak tetap setara UMK. Hal tersebut menurut Khofifah bukan tidak mungkin dilakukan.

Begitu juga dengan opsi ketiga. Khofifah menyebutkan sharing APBD dengan kabupaten kota juga bisa diambil.

Sebab jika hanya mengandalkan dari APBD Pemprov Jatim saja menurut Khofifah akan kurang, untuk tahun 2019 mendatang. Sehingga bisa juga dilakukan sistem berbagi dengan APBD kabupaten kota.

"Asalkan sistem sharing budget atau berbagi pendanaan itu dilakukan sesuai dengan mekanisme regulasi yang ada," kata Khofifah.

Tidak hanya itu, opsi ke empat yang juga terpikirkan oleh Khofifah adalah dengan cara meningkatkan pendapatan asli daerah. Yaitu dengan melakukan assesmen terhadap potensi penambahan PAD untuk memenuhi kebutuhan gaji untuk guru GTT.

"Semoga tahun anggaran 2020 sudah dapat dipenuhi gaji GTT minimal setara UMK setelah menelaah struktur anggaran dan pembahasan dengan DPRD Jatim," kata Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved