Smart City Madiun

Kabupaten Madiun Siap Terapkan SPBE Menuju Smart City

Guna memudahkan pengambilan keputusan yang tepat sasaran, Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, akan melakukan pendataan berbasis elektronik

Kabupaten Madiun Siap Terapkan SPBE Menuju Smart City
Surabaya.Tribunnews.com/Rahadian Bagus
Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro 

SURYA.co.id|MADIUN - Guna memudahkan dalam pengambilan keputusan yang tepat sasaran, Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, akan melakukan pendataan berbasis elektronik.

Tujuan dari pendataan ini, untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Pendataan berbasis elektronik ini juga bagian dari upaya mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, yang baru saja disahkan.

Kaji Mbing menuturkan, sistem pemerintahan berbasi elektronik akan memudahkan pelaksanaan setiap kebijakan dan mempercepat terwujudnya visi misi. Selain itu, juga memudahkan pengawasan, mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif dan transparan.

Akan tetapi, untuk menuju ke arah itu, tidak serta merta dapat langsung diwujudkan. Sebab, sistem pemerintahan berbasis elektronik juga membutuhkan sarana dan sumber daya manusia yang mendukung.

Dikatakan Kaji Mbing, pemerintah Kabupaten Madiun harus memiliki data berbasis elektronik yang berkaitan dengan pemerintahan. Untuk mendapat data berbasis elektronik yang akurat serta terintegrasi tidaklah murah, namun ia yakin akan banyak bermanfaat untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

1. Sejauh mana wilayah bapak/ibu sudah menerapkan konsep smart city untuk efisiensi dan meningkatkan pelayanan?

"Pelan-pelan, kami menuju ke arah itu. Kami sudah mulai melakukannya, dimulai dari yang terkecil. Seluruh data akan kami perbaiki, data kemiskinan, pengangguran, data tanah, data anak yatim. Semuanya akan berbasis elektronik dan semuanya akan terintegrasi,"

2. Apa saja langkah yang sudah dilakukan untuk mencapai konsep smart city di Kabupaten Madiun ?

"Yang kita lakukan pertama menaikan
elektabilitas birokrasi. Elektabilitas birokrasi itu harus tinggi, jadi masyarakat itu, dibiasakan tidak suudzon dengan birokrasi. Kalau elektabilitas birokrasi itu rendah, meskipun birokrasi bekerja sebaik apapun pasti dinilai jelek.

Halaman
1234
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Fatkhul Alami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved