Breaking News:

RSAL

Penting, Terapi Stroke di RSAL Bisa Cegah Stroke Susulan  

Puluhan pasien stroke mengikuti terapi stroke massal di Ruang Saraf Jiwa dan Rehabilitasi) RSAL Dr Ramelan Surabaya.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Parmin
surya.co.id/ahmad zaimul haq
OLAHRAGA RINGAN - Sejumlah penderita stroke mengikuti fisioterapi dengan olahraga ringan di sela peringatan World Stroke Day di ruang Gymnastic Rehab Medik, RSAL Dr Ramelan Surabaya, Senin (29/10/2018). Kegiatan itu untuk memberi semangat kepada penderita agar bangkit melawan stroke. 

SURYA.co.id | SURABAYA  - Puluhan pasien stroke mengikuti terapi stroke massal di Ruang Saraf Jiwa dan Rehabilitasi) RSAL Dr Ramelan Surabaya, Senin (20/10/10).

Peringatan Hari Stoke Dunia yang jatuh pada 29 Oktober 2019 tadi diperingati di RSAL.

"Pasien harus dibangkitkan kembali pascasakit stroke biar semangat terus," kata Kepala Departeman Saware (saraf jiwa dan rehabilitasi (Saware) RSAL Diah Utari.

Semua pasien yang pernah mengalami stroke harus waspada. Mereka berpotensi kembali terserang stroke. Apalagi saat ini serangan stroke menggejala.

Cegah supaya tidak mengalami serangan stroke. Tampak para puluhan pasien stroke  itu dipaksa mengikuti Gerakan latihan terapi stroke di RSAL.

Berikut latihan yang dilakukan tadi siang khusus pasien stroke, yakni latihan nafas dengan mengganggap dam mengepal.

Kemudian latihan leher, yakni kanan kiri beristirahat sambil bergerak. Gerakannya cukup kebawah keatas. Selain itu, melepas sepatu sambil duduk, kaki menapak ke tanah. Posisi kaki bisa selebar bahu.

Tidak hanya itu, senam stroke juga dilakukan dengan menarik kaki ke belakang. Kaitkan tangan lalu bungkukkan badan sejauh mungkin dan angkat pantat. 

Namun yang tak kalah pening dukungan keluarga. Hormon bahagia mempercepat pemulihan.

Latihan dasar fisioterapi adalah untuk pasien pascastroke. Namun, usahakan jangan terlalu capek. Sehari dilakulan tiga kali. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved