CPNS 2018

Tes CPNS Pemprov Jatim Molor Setengah Jam karena Server Ngadat, BKN: Wajar Perlu Penyesuaian  

Ratusan peserta tes CPNS Pemprov Jatim dibuat cemas saat menunggu hingga 2 jam tes di Kantor Regional II BKN di Waru, Jumat (26/10/2018).

Tes CPNS Pemprov Jatim Molor Setengah Jam karena Server Ngadat, BKN: Wajar Perlu Penyesuaian   
surya.co.id/ahmad zaimul haq
TES CPNS - Peserta saat bersiap mengikuti ujian menggunakan Computer Assisted Tes (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jatim di Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Surabaya di Sidoarjo, Jumat (26/10). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Ratusan peserta tes CPNS Pemprov Jatim dibuat cemas saat menunggu hingga 2 jam tes di Kantor Regional II BKN di Waru, Jumat (26/10/2018). Bahkan hingga pukul 10.30 mereka baru bisa memulai tes. 

Pelaksanaan tes pegawai Pemprov Jatim ini seharusnya dimulai pukul 10.00. Namun peserta baru bisa memulai tes tiga puluh kemudian. Momen pembagian PIN tersendat karena masalah server.

"Saat PIN peserta tes hendak dibagi ternyata server belum sepenuhnya jalan. Tapi ini wajar karena awal-awal perlu penyesuaian," kata Kepala Kantor Regional II BKN Tauchid Djatmiko yang melihat sendiri server lamban. 

Bahkan Kepala BKD Jatim Anom Surahno juga mengakui saat membuka segel dan menyalakan server masih ada kendala teknis. Namun menurut Anom masih wajar karena permulaan.

"Setelahnya lancar dan rangking nilai hasil tes juga sudah diketahui," kata Anom. 

Dari total 52.321 peserta tes CPNS Pemprov Jatim, seiap hari ada 200 komputer tersedia. Sehari setidaknya ada tiga gelombang tes di materi tes yang sama. Jadi seharian tadi berlangsung tiga gelombang untuk Tes Kemampuan Dasar (TKD). 

Mereka akan berebut 1.065 formasi. Mereka yang berhak mengikuti tes selanjutnya adalah rangking tertinggi. Jumlahnya peraih rangking tertinggi dikalikan tiga sesuai jumlah formasi di setiap bidang.

Misalnya Bagian Humas ada 2 formasi maka peminat Humas diambil 6 nilai terbaik. Baru mereka diadu atau dites Tes Kemampuan Bidang (TKB). Siapa peraih nilai tertinggi sesuai formasi yang dinyatakan lolos. 

Sementara itu, para peserta tes CPNS Pemrov Jatim di Kantor BKN itu setiap gelombang ada 2.000 peserta. Setiap hari ada tiga gelombang. Tes digelar mulai 26 Oktober - 16 November 2018 di Kantor Regional II BKN

Kemudian 28 - 31 Oktober 2018 adalah jadwal tes CPNS dari Kementerian dan lembaga vertikal. Tes CPNS ini digelar di Empire Palace. Ada 700 unit komputer setiap hari disiapkan.

Sementara itu, sebanyak 200 peserta tes CPNS mengeluhkan ruang tunggu pembagian PIN yang sumuk. Mereka tiba sebelum pukul 09.00. Hingga pukul 10.00 peserta itu duduk di tenda ruang tunggu. Enam kipas angin dipasang. 

Namun, hingga pukul 10.30 para peserta itu tertahan di tenda sumuk. "Ada kipas angin tapi suasana tetap panas. Tapi tidak masalah. Namanya juga berjuang untuk menjadi PNS," kata Rahmadiani.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved