Sosok Inspirasi

Nova Prastika Firdausi, Pengusaha Muda Sahabat Panti Asuhan

Di tengah bisnisnya yang sedang berkembang, Nova Prastika Firdausi tidak mau seluruh energinya habis untuk urusan bisnis.

Nova Prastika Firdausi, Pengusaha Muda Sahabat Panti Asuhan
surya/galih lintartika
Nova Prastika Firdausi 

USIANYA baru 27 tahun. Terbilang masih sangat muda untuk sukses di dunia wirausaha. Apalagi bagi seorang wirausahawan perempuan. Dialah Nova Prastika Firdausi, wirausahawan kosmetik dari Pasuruan, yang berhasil menembus pasar Asia, seperti Malaysia, Singapura, dan Korsel

Di tengah bisnisnya yang sedang berkembang, Nova Prastika Firdausi tidak mau seluruh energinya habis untuk urusan bisnis.

Nova, panggilan akrab Nova Prastika Firdausi berusa menyisakan waktu untuk kegiatan sosial. Keliling sambang panti asuhan. Sebuah kegiatan yang sudah rutin dilakukan, jauh sebelum usahanya sukses

Wanita pengusaha muda ini mengaku merasa damai saat berada di tengah anak-anak yatim piatu dan anak-anak kurang beruntung di panti. "Kebiasaan datang ke panti-panti yatim ini sudah kebiasaan dari dulu", katanya.

Kegiatan sambang panti itu rutin dilakukan perempuan berjilbab itu sejak duduk di bangku kuliah. “Dari mengaji dulu, juga dari orang tua, saya selalu ditekankan satu hal. Saya diminta menjadi pribadi yang bisa bermanfaat untuk orang lain, termasuk anak-anak di panti asuhan ini,” katanya.

Setiap pekan ia menyempatkan diri bertandang dan begadang dengan anak-anak panti asuhan. Selain membawakan bisyaroh (oleh-oleh untuk kegembiraan), Nova paling senang menemani mereka bermain.

“Saya ajak mengobrol apa saja. Kadang belajar bareng. Saya suka memberikan motivasi ke mereka untuk tetap semangat dan meraih apa yang dicita-citakannya,” tambah dia.

Dia menyadari, apa yang didapatkannya ini, ada sebagian dari jatah mereka. Ia wajib mengeluarkannya , sebagai bentuk sedekah ataupun dalam bentuk lain. Apapun istilahnya, ia tetap mempercayai itu, bahwa harus memberi sebagian hartanya untuk orang yang tidak mampu.

Kadang Nova datang memberikan angpao (uang). Sesekali ia datang dengan membawa perlengkapan sekolah. Mulai seragam, tas, maupun buku-buku dan alat tulis. Yang paling sering membawa sembako, macam beras, gula, dan kebutuhan lainnya.

“Saya tidak pernah ada budgetnnya berapa ya. Yang penting setiap bulan, ada dua sampai empat kali , jadi setiap minggunya saya ke panti asuhan. ,” jelas dia.

Nova mengaku apa yang dilakukannya ini dilandasi dengan niat tulus ikhlas. Ia tidak pernah ada pamrih sedikitpun. Ia mengaku melakukannya dari hati. Bukan maksud untuk sombong atau pamer. “Saya justru ingin mempertahankan kebiasaan ini sampai nanti. Saya ingin selalu seperti ini selamanya. Mudah-mudahan, sama tuhan segalanya dimudahkan. Saya ingin terus berbakti dan berbagi dengan sesama yang kurang beruntung,” pungkas dia.

Nova Prastika Firdausi

Lahir            :  3 Desember 1990, Jombang

Pendidikan :

SDN Darul Ulum Pasuruan
SMP 1 Pasuruan
SMA 4 Pasuruan
S1 Universitas Brawijaya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Usaha                : Kosmetik
Aktivitas Sosial : Sambang Panti Asuhan
Rintisan Usaha : Bangun klinik kosmetik
(pusat produksi kosmetik dan pembelajaran warg sekitar)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved