Breaking News:

Berita Surabaya

DKS Tergusur Pembangunan Gedung Dewan, Seniman Diminta Tak Somasi, Pemkot Punya Solusi seperti ini

Ketakutan para seniman Surabaya akan tergusur terkait pembangunan gedung baru DPRD Kota Surabaya ditampik Pemerintah Kota.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Parmin
surya/Fatimatuz Zahro
Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Widodo Suryantoro menjelaskan konsep Gedung Kesenian Surabaya, Senin (11/12/2017). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Ketakutan para seniman yang tergabung dalam Dewan Kesenian Surabaya (DKS) akan tergusur terkait pembangunan gedung baru DPRD Kota Surabaya ditampik Pemerintah Kota.

Sebaliknya Pemkot telah menyiapkan sarana untuk mewadahi para seniman se Surabaya. Caranya dengan menyatukan seluruh pegiat kesenian di Surabaya ke satu gedung, bernama Gedung Kesenian Surabaya.

Gedung Kesenian Surabaya itu bakal diletakkan di Hi Tech Mall di Jalan Kusuma Bangsa.

Memang saat ini gedung tersebut masih berfungsi sebagai pusat perbelanjaan barang elektronik, namun mulai bulan depan akan mulai banyak stan yang akan mengembalikan stan ke pihak ketiga.

"Gedung itu adalah aset Pemkot yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga dengan sistem built operate and transfer (BOT). Tahun 2018 mulai banyak yang mengembalikan stan, karena 2019 gedung itu sudah kembali ke pengelolaan ke Pemkot Surabaya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Widodo Suryantoro, Senin (11/12/2017).

Dikatakan Widodo, wali kota sudah memberikan arahan untuk membuatkan perencanaan agar gedung itu dimaksimalkan guna mewadahi aktivitas kesenian.

Setiap lantai gedung tersebut akan memiliki fungsi berbeda. Lantai dasar, akan digunakan pusat latihan seni tari.

Sedangkan lantai dua hingga lima akan difungsikan sebagai tempat berbeda.

"Untuk ludruk sendiri, untuk wayang orang sendiri, kesenian karawitan sendiri, dan seterusnya. Semua full untuk pegiat seni," kata Widodo.

Tidak hanya itu di Hi Tech Mall juga kan diubah menjadi sejumlah tempat pementasan canggih dengan teknologi mutakhir.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved