Breaking News:

Berita Sidoarjo

Ratusan Koperasi di Sidoarjo Bangkrut, ternyata ini Penyebabnya

Sekretaris Dinas Koperasi dan IKM Sidoarjo, M Tjarda, Selasa (9/5/2017), mengatakan ada sekitar 1.450 koperasi di Sidoarjo.

Penulis: Irwan Syairwan | Editor: Parmin
surya/irwan syairwan
Pengendara motor melintas di depan Koperasi Mardi Mulyo Jl Pahlawan Sidoarjo. 

SURYA.co.id | SIDOARJO - Koperasi di Sidoarjo sedang mengalami masa kemunduran. Ratusan usaha koperasi di Kota Delta ini bangkrut karena berbagai hal dan diprediksi akan terus bertambah sampai 2017 ini.

Sekretaris Dinas Koperasi dan IKM Sidoarjo, M Tjarda, Selasa (9/5/2017), mengatakan ada sekitar 1.450 koperasi di Sidoarjo.

Namun, sampai awal 2017 sudah berkurang 35 persen atau 500-an koperasi yang tutup usaha.

"Dan kami prediksi akan terus berkurang lagi sekitar 10 persen di akhir tahun jika tidak dilakukan langkah pencegahan," kata Tjarda.

Tjarda menuturkan jenis koperasi yang tutup tersebut didominasi oleh koperasi simpan pinjam (KSP). Penyebab tutupnya koperasi-koperasi tersebut mayoritas karena faktor persaingan dan mismanajemen internal.

Persaingan yang dimaksud adalah persaingan modal. Banyak koperasi yang kehabisan modal karena kredit yang dikeluarkan ke anggotanya macet alias tak terbayar.

"Kreditnya bisa macet karena mismanajemen pengurusnya. Jadi saling terkait antara modal dengan SDM pengurus koperasi tersebut," sambungnya.

Tjarda menyatakan pihaknya akan membuat program pelatihan kepada pengurus-pengurus koperasi. Nantinya, koperasi juga didorong untuk memiliki unit usaha sebagai pemasukan pemasukan lain di luar iuran anggota.

"Manajemen sehat dan permodalan kuat akan membuat koperasi bertahan. Sebab, kehadiran koperasi erat kaitannya dengan kemajuan UMKM, yang muaranya adalah perekonomian bangsa," ujarnya.

Anggota Komisi VI DPR RI, Bambang Haryo, mengaku tak heran jika 35 persen koperasi di Sidoarjo bangkrut. Sebab, secara nasional angka tutupnya koperasi sudah tembus 60 persen.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved