Sambang Kampung

Keren, Kampung Rungkut Kidul Menyulap Selokan Jadi Kolam Ikan

Warga RW 1 dan RW 12 Kelurahan Rungkut Kidul punya cara kreatif mengubah selokan yang mati dan tercemar menjadi lebih indah. Mereka bikin kolam ikan.

Keren, Kampung Rungkut Kidul Menyulap Selokan Jadi Kolam Ikan
surabaya.tribunnews.com/Habibur Rohman
Kolam ikan yang dibangun dari selokan yang sebelumnya sama sekali tak berfungsi dan tercemari sampah. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Kampung RW 1 dan RW 12, Kelurahan Rungkut Kidul, Kecamatan Rungkut letaknya berdampingan. Kedua kampung itu dipisahkan oleh dua selokan yang lebarnya masing-masing 3 meter.

Hanya saja, satu selokan yang ada di sana sudah lama tidak dialiri air. Bisa dikatakan, selokan tersebut sudah mati alias tidak lagi dialiri air sungai. Warga di dua kampung tersebut sering membuang sampah di selokan itu.

Selain pemandangan kumuh, bau tidak sedap pun mengganggu indera penciuman warga sekitar.

Melalui seksi pembangunan dan seksi lingkungan, pihak Kelurahan Rungkut Kidul berinisiatif membangun kolam ikan di selokan tersebut.

Panjang selokan yang diubah menjadi kolam ikan itu sekitar 13 meter. Tak hanya itu, di sekitar samping kiri dan kanan kolam tampak tanaman toga tumbuh subur. Sejak dipakai kolam ikan, tak ada lagi warga yang membuang sampah di selokan.

“Akhirnya ada donatur juga dari RW 12 yang memberikan dana untuk bikin kolam yang sama di area got (selokan) mati (tak dialiri air),” ujar Gatot Hendriyanto, warga RT 1 RW1 Rungkut Kidul saat ditemui Surya, Rabu (26/4).

Dari situ, warga di dekat selokan tersebut bergotong royong membersihkannya dan mulai membuat kolam ikan menggunakan terpal sebagai dasar kolam. Sayangnya, usaha warga yang minim pengetahuan budidaya ikan ini gagal.

Warga lalu membuat kolam ikan dengan cara memplester selokan sebulan ini. Para warga sudah mengantongi izin dari pengurus RT untuk memanfaatkan selokan tersebut menjadi kolam.

“Ya ramai-ramai bikinnya. Kebetulan kami diberi dana Rp 10 juta buat bikin kolam dan (beli) bibitnya,” terang Gatot.

Siapkan untuk Ramadan

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved