Berita Jombang

4.000 Kendaraan Bermotor di Jombang Diputihkan, Begini Caranya

Sedikitnya 4.000 kendaraan bermotor (ranmor) di Kabupaten Jombang mengikuti program pemutihan yang diterapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

4.000 Kendaraan Bermotor di Jombang Diputihkan, Begini Caranya
surya/sutono
Tim gabungan dari Dinas Pendapatan dan Satlantas Polres Jombang melakukan razia terhadap kendaraan bermotor yang terlambat bayar pajak, di Taman Tirta Wisata, Jombang. 

SURYA.co.id | JOMBANG - Sedikitnya 4.000 kendaraan bermotor (ranmor) di Kabupaten Jombang mengikuti program pemutihan yang diterapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Program pemutihan meliputi pembayaran tunggakan pajak kendaraan bermotor yang dibebaskan dari denda.

Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polres Jombang, Ipda Sudirman menjelaskan, 4.000 ranmor lebih yang telah mengikuti program pemutihan itu terdiri dari 3.000 ranmor roda dua, dan 1.000 ranmor roda empat atau lebih.

"Terhitung diterapkan program pemutihan 5 September 2016 silam dan dijadwalkan akan berakhir tanggal 3 Desember mendatang," ujarnya kepada Surya.co.id, Kamis  (3/11/2016).

Sudirman menambahkan, tidak ada syarat tambahan atau syarat khusus dalam program pemutihan yang dilakukan, baik untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor maupun untuk balik nama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

"Silahkan datang ke kantor Samsat Jombang dan bayar pajak kendaraan bermotor Anda. Lakukan seperti biasanya Anda rutin membayar pajak. Meskipun pelunasan terlambat, akan digratiskan dendanya," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, sebanyak 56.000 kendaraan bermotor berbagai jenis di Jombang, menunggak pajak. Pemilik kendaraan roda dua yang mendominasi penunggakan pajak.

Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan (UPT Dipenda) Pemprov Jatim di Jombang mencatat, jumlah tersebut merupakan  bagian dari total kendaraan di Kabupaten Jombang sebanyak 525.000 ranmor.

“Jadi yang belum dipajaki sekitar 10 persen dari total jumlah ranmor di Jombang,” kata Kepala Bidang Penagihan UPT Dipenda Jatim di Jombang, Arifin.

Penulis: Sutono
Editor: Musahadah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved