Musim Haji 2016

Ketahuan Bawa Uang Rp 2 Miliar, 3 Jemaah Haji Gresik ini Tertahan di Arab Saudi

Kepala Kantor Kementrian Agama Gresik, Haris Hasanudin, mengaku sudah mendapat informasi bahwa tiga orang jemaah tersebut tertahan di Madinah.

Ketahuan Bawa Uang Rp 2 Miliar, 3 Jemaah Haji Gresik ini Tertahan di Arab Saudi
surya/m taufik
Petugas Kemenag Gresik menunjukkan dokumen tiga jemaah haji asal Gresik yang tertahan di Madina gara-gara ketahuan membawa uang Rp 2 miliar. 

SURYA.co.id | GRESIK – Gara-gara ketahuan membawa uang Rp 2 miliar, tiga Jemaah haji asal Kabupaten Gresik belum bisa pulang ke tanah air. Mereka tertahan di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz, Madina Arab Saudi.

Tiga Jemaah haji itu Ansharul Adhim Abdullah (47) dan istrinya Sri Wahyuni Rahayu (36), warga Desa Tebaloan, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik.

Serta seorang jemaah bernama Rochmat Kanapi Podo (58), warga Dusun Betiring, Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Gresik.

Jemaah haji tergabung dalam rombongan kloter 39 embarkasi Surabaya tersebut dihentikan petugas bandara di Madina karena saat melewati x-ray bandara kedapatan membawa pecahan uang dalam bentuk dolar dan euro yang nominalnya sekitar Rp 2 miliar.

Alhasil, ketiganya tertahan di sana dan harus menjalani serangkaian proses pemeriksaan.

Ketika para jemaah lain yang tergabung di kloter 39 embarkasi Surabaya sudah tiba di rumah masing-masing, Selasa (4/10/2016), tiga Jemaah tersebut masih tertahan di Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Gresik, Haris Hasanudin, mengaku sudah mendapat informasi bahwa tiga orang jemaah tersebut tertahan di Madinah.

Namun, dirinya mengaku belum mengetahui pasti kondisi tiga jemaah asal Gresik tersebut.

“Karena kan dalam ketentuannya sudah jelas bahwa tidak boleh membawa uang sebanyak itu,” ujar Haris Hasanudin.

Kemenag Gresik, kata Haris, masih terus berkordinasi dengan embarkasi Surabaya untuk memantau perkembangan persoalan ini serta memantau kondisi tiga Jemaah tersebut. Namun, pihaknya juga tidak bisa berbuat banyak atas peristiwa tersebut.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved