Berita unik

VIDEO - Trik Ajaib Ini Bisa Mengembalikan Truk yang Terguling ke Posisi Semula. Berani Coba?

Bukan sulap bukan pula sihir. Truk yang terguling bisa kembali ke posisi semula tanpa harus susah payah mengeluarkan keringat. Bagaimana triknya?

SURYA Online, SURABAYA - Truk-truk yang beroperasi di kawasan perkebunan atau pertambangan, seringkali harus berhadapan dengan medan yang berat.

Saking beratnya medan yang ditempuh, tidak jarang ada saja kecelakaan yang membuat truk terguling dan menumpahkan seluruh muatannya.

Dalam situasi yang demikian, seringkali awak truk harus bekerja sangat keras untuk mengembalikan truk ke posisi yang semula.

Namun untuk mengembalikan truk yang terguling ke posisi semula, ternyata tidak sesulit yang dikira. Asal tahu triknya, dalam sekejap truk bisa dikembalikan ke posisi semula tanpa harus bekerja terlalu keras.

Seperti terlihat dalam video yang beredar di media sosial, tampak sebuah truk terguling. Lokasi tergulingnya truk itu tampaknya ada di kawasan perkebunan.

Dalam video berdurasi 3 menit ini terlihat, truk yang terguling ke kiri jalan, bisa kembali bangkit dalam sekali hentak. Bagaimana bisa demikian?

Jangan buru-buru berpikir bahwa ini melibatkan tenaga dalam. Sebab menurut beberapa pengguna media sosial yang pernah berada di situasi yang sama, hal itu mudah saja dilakukan.

"Pake tambang dililit di as kopelnya,ujung tambang yg lain diikat di pohon,cara kerjanya sama seperti prinsip winch. selamat mencoba (khusus kendaraaan penggerak roda belakang yg bisa)," tulis seorang pengguna Facebook bernama Aji Pramudhito.

"Cah Bagoes* tergantung sih anda ngerti apa ngga cara ngelilitin tuh tambang (mepet diferential),yg pasti saya sendiri sdh pernah ngalami dan terbukti sukses ngga ada masalah cuma riskanya patah as roda saat kebanting saja," sambungnya untuk membalas komentar dan pertanyaan dari pemilik akun Facebook lainnya yang bernama Cah Bagoes.

Namun trik ini rupanya tidak bisa diterapkan di semua tempat. Menurut mereka yang pernah melakukan trik tersebut, hal itu hanya bisa dilakukan apabila ambruknya truk berada di dekat pohon-pohon besar.

Lalu bagaimana kalau terjadi di jalan raya?

Sudah pasti jawabannya cuma satu: minta bantuan polisi dan petugas derek mobil.

Penulis: Eben Haezer Panca
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved