Breaking News:

Berita Surabaya

Motor Matic Mendominasi Jatim, Yamaha Luncurkan Varian Anyar

“Tahun 2015 kemarin pasarnya menurun, imbas dari perekonomian yang sedang melambat. Semua merek dan varian sepeda motor di Jawa Timur pasarnya turun s

surya/sugiharto
New Yamaha Mio M3 yang diandalkan menjadi produk unggulan pada 2015. 

SURYA.co.id | SURABAYA – Motor matic semakin mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia, termasuk di Jawa Timur. Kontribusi matic sudah lebih dari separo total penjualan sepeda motor sepanjang tahun 2015.

Sisanya, baru kontribusi dari tipe sport, bebek manual dan varian lain.

Penjualan sepeda motor Yamaha misanya, sepanjang 2015 kemarin motor matic berkontribusi sampai 55 persen dari total penjualan.
Kemudian, kelas sport menyumbang 35 persen, dan 10 persen sisanya dari bebek manual.

Kondisi itu diyakini terus tumbuh di tahun 2016 ini, namun komposisi kontribusinya masih akan tetap didominasi matic.

PT Surya Timur Sakti Jatim (STSJ), penyalur utama sepeda motor dan spare part Yamaha Jawa Timur, memprediksi penjualan motor di Jatim sepanjang 2016 ini tumbuh sekitar 10 persen dibanding penjualan sepanjang 2015.

“Tahun 2015 kemarin pasarnya menurun, imbas dari perekonomian yang sedang melambat. Semua merek dan varian sepeda motor di Jawa Timur pasarnya turun sekitar 20-25 persen,” ungkap Agung Mundi, GM Marketing PT STSJ, di sela peluncuran Yamaha New Fino 125 Blue Core di Surabaya, Sabtu (16/1).

Diakuinya, penjualan motor Yamaha di Jawa Timur sepanjang 2015 juga menurun mengikuti turunnya demand. Namun Yamaha tetap berhasil menjaga posisinya di pasar, market share Yamaha di Jawa Timur sekitar 22 persen.

“Dan kami yakin tahun 2016 akan tumbuh seiring pertumbuhan ekonomi yang mulai membaik. Faktornya, proyek-proyek infrastruktur mulai berjalan, kondisi politik membaik, suku bunga turun, dan perekonomian Jatim yang selalu di atas pertumbuhan nasional,” lanjutnya.

Tahun 2016, PT STSJ menargetkan penjualan sebanyak 150.000 unit. Angka tersebut naik 10 persen dibanding total penjualan sepanjang 2015.

Untuk mencapai target tersebut, Yamaha juga masih berharap banyak kepada matic, yang diprediksi bakal semakin besar peminatnya hingga menyumbang sekitar 60 persen dari total penjualan.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yoni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved