Breaking News:

Berita Malang

Belasan Jarum Suntik di Stadion Gajayana Rawan Virus HIV

#MALANG - Jarum suntik itu, jika dipakai bergantian, maka virus HIV dapat menjadi ancaman. Ini yang harus diwaspadai oleh masyarakat

Penulis: Adrianus Adhi | Editor: Yuli
Adrianus Adhi
Jarum suntik bertebaran di kamar mandi lapangan basket, Stadion Gajayana, Kota Malang. 

SURYA.co.id | MALANG - Temuan belasan jarum suntik di kamar mandi, Lapangan Basket, Stadion Gajayana membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang heran. Ini karena jarum suntik itu dapat menjadi sumber penyebaran virus HIV bagi penggunanya.

“Jarum suntik itu, jika dipakai bergantian, maka virus HIV dapat menjadi ancaman. Ini yang harus diwaspadai oleh masyarakat,” papar AKBP Hennry Budiman, Ketua BNN Kota Malang pada Surya, Jumat (6/11/2015) siang.

Saat diminta komentarnya terkait temuan itu Hennry menekankan persoalan HIV yang kemungkinan besar akan menyebar diantara pengguna.

Masyarakat yang bermain, atau memegang jarum suntik tersebut juga diminta berhati-hati dan jangan sampai jarum suntik itu mengenai tangan, lalu berdarah karena dapat menyebabkan infeksi.

Menurut Hennry, dugaan terbesar penggunaan jarum suntik itu adalah digunakan bergantian. “Untuk apa kami belum tahu, dan perlu penelitian lebih lanjut,” paparnya.

Saat ditanya terkati penggunaan jarum suntik itu untuk narkoba, Hennry juga masih sulit memastikannya.

Menurutnya, penggunaan jarum suntik selalu dipergunakan untuk narkoba jenis morphin atau heroine namun narkoba jenis ini belum pernah ditemukan.

Di Kota Malang, narkoba yang marak baru pil koplo, ganja dan Sabu. “Selain itu belum ada,” katanya.

Meski demikian, temuan itu bisa menunjukan indikasi baru untuk penggunaan narkoba. Bisa jadi, pengguna mempergunakan jarum suntik itu dengan bahan narkoba sabu, atau pil koplo. Dugaan ini karena polisi pernah mengungkap kasus penggunaan sabu dengan cara disuntik.

Kasus tersebut berlangsung di Surabaya setahun lalu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved