Ramadan 2015

Kemacetan Masih di Jalur Tengah, Hanya 2 Tol Baru Urai Macet Mudik

#SURABAYA - Pemerintah telah menetapkan bahwa arus mudik tahun ini diperpanjang. Mulai H-15 hari ini sudah berlaku angkutan lebaran.

Kemacetan Masih di Jalur Tengah, Hanya 2 Tol Baru Urai Macet Mudik
surya/sutono
Pekerja dari PT Hutama Karya (HK) sedang memperbaiki jalan yang rusak akibat proyek tol Mojokerto-Kertosono, di Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah telah menetapkan bahwa arus mudik tahun ini diperpanjang. Mulai H-15 hari ini sudah berlaku angkutan lebaran. Sementara balik mudiknya hingga H+9. Tidak saja pos-pos mudik yang dijumpai di setiap titik jalan.

Namun semua petugas, mulai keamanan sampai kesehatan dikerahkan untuk tradisi mudik ini. Pengamanan di jalanan semaki melekat dan pantauan kendaraan di jalan raya terus dipantau. Termasuk bagi penumpang kendaraan umum, mulai Kamis (2/7/2015) berlaku tarif lebaran.

Tak ada tuslah atau kenaikan tarif khusus. Namun pemberlakuan tarif atas akan efektif sejak Kamis. "Mulai hari ini kami berlakukan angkutan lebaran. Terus kami berlakukan hingga H+9 besok. Kami imbau semua pengendara selalu hati-hati dan waspada," kata Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Jatim, Wahid Wahyudi.

Tahun diperkirakan kemacetan akan terus terjadi. Mengingat pertumbuhan kendaraan begitu banyak. Sementara pelebaran jalan tak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan. Rata-rata setiap tahun jalan hanya tumbuh 1 persen. Sementara kendaraan bisa di atas 10 persen.

Sudah pasti macet. Namun Wahid mengakui bahwa kadang kemacetan ini juga bagian dari warna mudik. Semua pengendara sudah sangat memaklumi. "Titik kemacetan utama masih di jalur tengah, Kertosono, Nganjuk, hingga Saradan," tambah Wahid.

Bahkan kemacetan itu sudah terjadi mulai Perak, Jombang. Tak ada jalur alternatif di jalur ini. Begitu juga di Tjiwi, Mojokerto juga akan menjadi titik langganan macet. Sementara di jalur timur, Bangil, Nguling (Kabupaten Pasuruan) juga diperkirakan macet.

Di sepanjang ruas jalur tengah arah Kertosono Nganjuk belum ada jalan tol yang bisa difungsikan. "Mudik tahun ini hanya ada dua tol baru yang bisa beroperasi. Yakni tol Gempol-Pandaan dan Tol Tembalang-Jombang. Panjang lintasannya tak terlalu jauh," kata Wahid.

Tol Gempol-Pandaan sudah bisa beroperasi untuk melepas macet parah sepanjang Apollo hingga Pandaan. "Khusus tol ini, sedang diupayakan untuk putar balik ke Taman Dayu jaraknya lebih panjang. Minimal harus 1 KM dari pintu keluar tol," kata Wahid.

Sementara tol Tembelang-Jombang bisa menghindari macet di tengah kota Jombang. Namun pintu masuk tol Jombang ini di jalur alternatid Ploso, Jombang. Pintu masuk tol ini di Tembelang, Bandarkedungmulyo. Ini bisa menhindari macet di Perak. Tol Mojokerto-Jombang belum beroperasi.

Selain di titik-titik itu, di jalur utara jembatan Duduk Sampeyan, Gresik, menjadi perhatian serius petugas. Jembatan ini belum jadi. Ruas jalan yang biasanya bisa empat lajur menyempit hingga hanya dua lajur.

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved