DPRD Surabaya

Dulu DPRD Dukung Penutupan Minimarket, Kini Terkesan Sebaliknya

#SURABAYA - Para pemimpin DPRD malah menginginkan pemerintah kota (pemkot) Surabaya membuka minimarket yang sudah terlanjur disegel. Ada apa?

SURYA.co.id/Ahmad Zaimul Haq
JADI PENGANGGURAN SEMENTARA - Karyawan toko modern Indomaret di kawasan Kampung Malang, Surabaya menunggu barang dagangan untuk diangkut usai penyegelan oleh tim Satpol PP Kota, Senin (30/3/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Penutupan toko-toko modern atau minimarket tak berizin yang semula diinginkan DPRD Surabaya, kini justru beredar kabar bahwa DPRD menginginkan sebaliknya. 

Para pemimpin DPRD malah menginginkan pemerintah kota (pemkot) Surabaya membuka minimarket yang sudah terlanjur disegel. Ada apa?

Belum lama ini, masalah penutupan minimarket tak berizin itu dibahas melalui rapat tertutup para pemimpin DPRD. 

Rapat dilakukan seluruh pimpinan DPRD bersama pejabat Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin). 

"Kami menggelar rapat pimpinan secara tertutup. Pembahasannya mengenai minimarket yang ditutup, disegel atau tak berizin. Nah kami bukan ingin yang sudah ditutup itu dibuka kembali," alasan Wakil Ketua DPRD Surabaya, Darmawan, ketika dikonfirmasi, Rabu (6/5/2015).

Namun, dia punya penjelasan seperti ini. Menurut dia, keinginan membuka kembali minimarket yang terlanjur disegel sejak April 2015 itu bukannya tanpa sebab.

Ia menjelaskan, dalam rapat itu pimpinan DPRD ingin aturan penutupan menggunakan Peraturan Daerah Nomor 8 terkait kajian sosial ekonomi, bukan Nomor 4 Tahun 2010.

"Tetap saja yang penting memenuhi pasal-pasal yang sudah ada dalam Perda itu. Misalnya memenuhi kajian sosial ekonomi (sosek) dulu sebagai langkah awal," tambah kader Partai Gerindra tersebut.

Menurut dia, Dewan berharap melalui kajian yang dilakukan Komisi B bidang perekonomian, pemkot bisa menggunakan Perda nomor 8 sebagai acuan.

Tujuannya, minimarket yang sebelumnya ditutup bisa dibuka kembali. Mengingat rata-rata minimarket pasti sudah mengurus kajian sosek sejak awal membuka toko.

Halaman
12
Penulis: Magdalena Fransilia
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved