RSUD Jombang Siapkan Ruang Khusus bagi Caleg Stres

RSUD Jombang menyiapkan ruangan khusus untuk merawat calon anggota legislatif (caleg) yang mengalami depresi akibat gagal dalam Pileg 17 April 2019

RSUD Jombang Siapkan Ruang Khusus bagi Caleg Stres
surabaya.tribunnews.com/sutono
Ruangan di RSUD Jombang yang disiapkan untuk caleg yang depresi setelah gagal jadi anggota legislatif. 

SURYA.co.id | JOMBANG - RSUD Jombang menyiapkan ruangan khusus untuk merawat calon anggota legislatif (caleg) yang mengalami depresi akibat gagal dalam Pileg 17 April mendatang.

Ruangan khusus itu berada di di Paviliun Mawar RSUD setempat. Ruang ini dilengkapi fasilitas AC (air conditioner), dua tempat tidur dan kamar mandi.

Direktur RSUD Jombang, dr Pudji Umbaran mengatakan, sebagai rumah sakit rujukan regional Jawa Timur bagian tengah, RSUD Jombang wajib memberikan pelayanan kesehatan kejiwaan. Baik itu rawat jalan maupun
rawat inap.

Meski tidak memiliki banyak ranjang, namun menurut Pudji Umbaran, ruangan khusus tersebut dipersiapkan secara matang oleh manajemen rumah sakit.

Selain tenaga spesialis kesehatan jiwa, sambungnya, RSUD Jombang juga menempatkan sejumlah perawat cantik serta ruangan isolasi yang bersih dan nyaman. Baik bagi pasien yang dilakukan rawat inap maupun rawat
jalan.

“Perawatan (bagi caleg stres) berada di Paviliun Mawar. Hanya saja pelayanannya sebatas tindakan terapi obat-obatan dan psikologis. Jika perlu pelayanan lebih, kami akan merujuk ke Rumah Sakit Jiwa Menur,” kata Pudji Umbaran, Minggu (17/3/2019).

Menurutnya, sangat dimungkinkan seorang caleg dalam kontestasi pemilu17 april mendatang, jika tidak terpilih kemudian terganggu jiwanya.

"Untuk itu, RSUD Jombang telah menyiapkan sejumlah ruangan khusus bagi caleg yang terganggu jiwanya itu. Menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, kalau dibutuhkan rawat inap, kami juga menyiapkan,”
ujarnya

Berdasarkan pengalaman pemilu sebelumnya, rumah sakit plat merah ini sempat merawat beberapa caleg yang mengalami gangguan kejiwaan akibat kegagalan tersebut. Namun demikian, mereka tidak sampai dilakukan
rawat inap.

"Namun diagnosisnya hanya neorosa dan psikosomatis tidak sampai psikotik atau gangguan kejiwaan parah. Semua tertangani dengan baik dan hanya rawat jalan saja,“ terangnya.

Caleg Stres Harus Cepat Ditangani, Bisa Hilang Kontak dengan Dunia Luar

RSUD Dr Koesma Tuban Siapkan Kamar Kejiwaan dan Dokter Spesialis untuk Caleg Gagal yang Depresi

Penulis: Sutono
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved