Ekonomi Bisnis

Inflasi Kota Malang Januari 2019 Tertinggi di Jatim, BPS Sebut Faktor Ini yang Jadi Pemicu Utama

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang sebut kenaikan harga tiket pesawat menjadi pemicu utama laju inflasi bulan Januari 2019 di Kota Malang.

Inflasi Kota Malang Januari 2019 Tertinggi di Jatim, BPS Sebut Faktor Ini yang Jadi Pemicu Utama
net
Ilustrasi tiket pesawat 

SURYA.co.id | MALANG - Kenaikan harga tiket pesawat menjadi pemicu utama laju inflasi bulan Januari 2019 di Kota Malang. Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang mencatat ada kenaikan tiket pesawat sebesar 12,34 persen sehingga inflasi di wilayah setempat 0,53 persen.

"Selain tiket pesawat, komoditi yang menjadi pemicu inflasi di Kota Malang antara lain daging ayam ras, beras, cabai, wortel dan tomat sayur," ucap Kepala Seksi Statistik dan Distribusi BPS Kota Malang, Dwi Handayani, Jumat (1/2/2019).

Dari delapan kota IHK di Jawa Timur, laju inflasi Kota Malang menjadi yang tertinggi. Selain Kota Malang, laju inflasi tinggi juga terjadi di Banyuwangi sebesar 0,39 persen, Surabaya sebesar 0,33 persen dan Madiun sebesar 0,33 persen.

"Laju inflasi juga terjadi di Jawa Timur (Jatim) yakni sebesar 0,34 persen," katanya.

Kepala Seksi Statistik dan Distribusi BPS Kota Malang, Dwi Handayani.
Kepala Seksi Statistik dan Distribusi BPS Kota Malang, Dwi Handayani. (TribunJatim/Aminatus Sofya)

Menurut Dwi, laju inflasi year on year (yoy) pada bulan Januari 2019 di Kota Malang mengalami inflasi sebesar 2,81 persen dan angka itu lebih rendah dibandingkan dengan tahun kalender Januari 2018 yang mengalami inflasi sebesar 2,98 persen.

"Laju inflasi year on year (yoy) tertinggi terjadi pada Januari 2014 yakni sebesar 7,83 persen," ungkapnya.

Semua kota di Jatim mengalami inflasi. Inflasi terendah terjadi di Probolinggo sebesar 0,12 persen, disusul Kediri sebesar 0,15 dan Jember sebesar 0,15 persen.

Laporan Wartawan TribunJatim, Aminatus Sofya

Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved