Berita Surabaya

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Perbanyak Bacaan Sholawat di Malam 12 Rabiul Awal

Momen ini biasa diperingati umat Islam dengan membaca berbagai macam bacaan sholawat untuk Nabi Muhammad.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Perbanyak Bacaan Sholawat di Malam 12 Rabiul Awal
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi, seorang jamaah membaca Alquran 

SURYA.co.id | SURABAYA - Maulid Nabi atau hari lahir Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) jatuh pada 12 Rabiul Awal (Kalender Islam) atau bertepatan pada Selasa (20/11/2018).

Momen ini biasa diperingati umat Islam dengan membaca berbagai macam bacaan sholawat untuk Nabi Muhammad.

Wasid Mansyur, Dosen Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Sunan Ampel Surabaya menyampaikan peringatan Maulid Nabi adalah bentuk ungkapan cinta seorang muslim kepada Nabi Muhammad.

Allah Subhanallahu wata'ala (SWT) pun menyampaikan dalam Alquran surat 33, Al Ahzab ayat 56 anjuran untuk membaca sholawat.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innalloha wa malaaa`ikatahuu yusholluuna 'alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu 'alaihi wa sallimuu tasliimaa

Yang artinya : "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

"Peringatan Maulid Nabi adalah espresi cinta seorang muslim kepada nabinya, sebagai bentuk kebahagiaan atas lahirnya sang nabi. Karenanya, salah satu bentuk cinta itu adalah memperbanyak membaca sholawat kepada beliau. Misalnya sholawat Barzanji dan sholawat lainnya," kata Wasid, Senin (19/11/2018).

Wasid menyampaikan Sholawat Barzanji biasanya dibaca saat malam 12 Rabiul Awal, bisa secara berjamaah atau sendiri.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved