Jelang Pilpres 2019

Kiai Sepuh se-Jatim Bahas Pilpres 2019 di Rumah Gus Ipul, begini Hasilnya

Para ulama dan Kiai sepuh se-Jawa Timur kembali bertemu untuk membahas Presiden (Pilpres) 2019.

Kiai Sepuh se-Jatim Bahas Pilpres 2019 di Rumah Gus Ipul, begini Hasilnya
SURYAOnline/bobby constantine koloway
Para ulama dan Kiai sepuh se-Jawa Timur bersama Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Mahfud MD, serta Ustad Yusuf Mansur membahas Presiden (Pilpres) 2019 di rumah  (Gus Ipul), Senin (17/9/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Para ulama dan Kiai sepuh se-Jawa Timur kembali bertemu untuk membahas Presiden (Pilpres) 2019.

Musyawarah antarkiai sepuh merupakan agenda rutin sebagai ajang silaturahmi dan tukar pikiran.

"Pertemuan ini silaturahmi biasa supaya kondisi tetap kondusif," kata Dr KH Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur), pengasuh Pesantren An Nur Bululawang I, Malang yang juga ikut dalam pertemuan di Kediaman Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Senin (17/9/2018).

Baca: Hasil Penelitian, Ahok Kalah Bukan karena Isu Agama, Sudjiwo Tedjo Takut Terulang di Pilpres 2019

Baca: Agen Cantik CIA Ini Malah CLBK dengan Buruannya, Padahal Tinggal Tarik Pelatuk Pistol Saja

Baca: Pernikahan Richard Muljadi Hanya Boleh di Tahanan, Itu pun Harus Mematuhi Berbagai Aturan ini

Menurut Gus Fahrur, dalam musyawarah kali ini, para kiai saling memberikan masukan dan mendengarkan masukan dari para kiai yang telah didatangi baik dari kubu bakal Calon Presiden, Joko Widodo maupun kubu Prabowo Subianto.

"Musyawarah ini mendengarkan laporan ulama yang sudah melakukan komunikasi dengan pihak lain. Ada yang komunikasi dengan Prabowo ada yang Jokowi," kata dia.

Bagi para Kiai yang sudah memutuskan untuk mendukung Jokowi atau Prabowo, mereka sepakat untuk selain menghormati.

Namun, para kiai yang hadir mayoritas hingga saat ini belum menentukan pilihan.

"Para kiai umumnya masih akan melakukan ijtihad politik berdasarkan akal sehat. Dicermati tiga bulan ke depan. Akan dipilih mana yang lebih maslahah," kata dia.

Sedang  para kiai sepuh yang kali ini hadir mayoritas adalah para kiai yang biasanya mendampingi perjalanan politik Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Mereka di antaranya adalah KH Zainuddin Jazuli dan KH Nurul Huda Jazuli dari pesantren Ploso, Mojo, Kediri; KH Miftachul Ahyar, Surabaya; KH Anwar Iskandar, Al Amin Kediri; KH Idris Hamid, Pasuruan; KH Nawawi Abdul Djalil, Pasuruan; serta KH Anwar Mansyur, Lirboyo Kediri.

Selain itu juga KH Ubaidillah Faqih, Langitan Tuban; KH Nuruddin Abdurahman, Bangkalan; KH Safiudin Wahid, Sampang; KH Fakhrillah Aschal serta sejumlah ulama dan kiai sepuh lainnya.

Di sela-sela pertemuan ikut bergabung Mantan Ketua MK Mahfud MD; serta Ustaz Yusuf Mansur. Baik Mahfud maupun Yusuf juga sempat dimintai masukan terkait kondisi politik terkini.

Di akhir pertemuan, para kiai dan ulama berharap Pilpres 2019 berjalan dengan damai
tanpa kebencian dan adu domba.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved