Berita Pasuruan

Mahasiswa Buat Program IWAK Untuk Dongkrak Ekonomi Rakyat di Pasuruan

Dari observasi di lapangan, mahasiswa meneliti tentang hasil laut dari desa ini. Hasilnya, ikan medai mendominasi.

Mahasiswa Buat Program IWAK Untuk Dongkrak Ekonomi Rakyat di Pasuruan
surya/galih lintartika
Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan yang melakukan Kuliah Kerja Nyata Kemaritiman (KKNT) di Desa Mlaten, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan 

SURYA.co.id | PASURUAN - Mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata Kemaritiman (KKNT) di Desa Mlaten, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan melaunching program IWAK.

Launching program yang digagas anak-anak muda ini dilakukan di Balai Desa Mlaten, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Kamis (30/8/2018) pagi.

IWAK adalah Ikubator Wirausaha Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah.

Imrod Mas'ud, Dosen pembimbing lapangan mengatakan, program iwak yang digagas mahasiswa-mahasiswi ini memiliki tujuan untuk membantu masyarakat desa mengembangkan perekonomian di Desa mlaten.

"Kami hanya memberikan fasilitas kepada masyarakat sesuai program iwak tersebut. Kami berharap program ini bisa menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di sini," kata Imron Mas,ud.

Ia menambahkan, dari observasi di lapangan, mahasiswa meneliti tentang hasil laut dari desa ini. Hasilnya, ikan medai mendominasi.

Maka dari itu, kata dia, pihaknya membuat ikan medai menjadi olahan pangan yang memiliki daya jual tinggi.

Biasanya, masyarakat di sini, membuat ikan medai menjadi olahan ikan asin dan ikan panggang.

Setelah itu, pihaknya membantu mengelola ikan medai menjadi olahan yang berharga tinggi yakni, ikan kresek manis.

Untuk memenuhi keinginan daya tarik masyarakat, ada beberapa varian rasa yang dihasilkan yakni, ada rasa manis,rasa asam, dan rasa pedas.

"Kami berharap, apa yang diajarkan dan diberikan teman - teman ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat di sini. Membantu masyarakat untuk lebih memiliki daya saing dalam menjalani bisnis. itu fungsi IWAK ini, mendampingi, melatih untuk lebih baik dan maju," paparnya.

Semantara Bunardi, Camat Nguling mengaku sangat bangga dan senang, karena ada kepedulian dari teman mahasiswa untuk membantu mengembangkan usaha kerakyatan di sini.

Ia menyebut, dengan keberadaan IWAK, diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved