Citizen Reporter

Ini Cara Menyambut Tamu dengan Meriah

Tujuh belas siswa dengan memakai seragam Tapak Suci mempraktikkan senam Maumere. Senam yang sudah terkenal di kalangan pelajar itu didemonstrasikan.

Ini Cara Menyambut Tamu dengan Meriah
ist

Budaya merupakan identitas sebuah bangsa. Itulah yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 4 Surabaya dalam rangka pertukaran budaya dengan mahasiswa asal Lithuania, Gabija Bargailaite, Senin (6/8/2018).

Bertempat di Komplek Pendidikan Muhammadiyah Gadung Surabaya, beberapa siswa menyambut Gabija dengan Tari Remo. Tari yang memang digunakan sebagai acara penyambutan itu dilakukan sekaligus sebagai pengenalan budaya Jawa ketika menyambut tamu.

Tidak hanya menampilkan tari, beberapa siswa itu juga mengajak Gabija untuk menari dengan gerakan yang sederhana.

Gabija tak mau kalah. Ia meladeni tantangan siswa untuk ikut serta menari Remo meskipun gerakan yang dipraktikannya masih terlihat kaku. Namun, kekakuan gerakan tak mengendurkan semangatnya untuk mengikuti gerakan siswa.

Setelah tantangan ikut menari remo beserta dua orang siswa, Gabija disuguhi demonstrasi Tapak Suci. Lagi-lagi, demonstrasi dilakukan oleh siswa SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Kali ini, demonstrasi dilakukan oleh tiga siswa. Mereka mendemonstrasikan gerakan sabung. Ini dilakukan untuk mengenalkan bela diri khas Muhammadiyah kepada Gabija.

Ada agenda lain untuk menyambut peserta pertukaran budaya ini. Tujuh belas siswa dengan memakai seragam Tapak Suci mempraktikkan senam Maumere. Senam yang sudah terkenal di kalangan pelajar itu didemonstrasikan.

Lagi-lagi, mereka mengajak Gabija untuk senam bersama mereka. Gabija sukses meladeni tantangan siswa untuk mengikuti gerakan senam Maumere.

“Seneng banget kalau bisa berkenalan sama bule dari luar negeri. Kesempatan langka ini sekaligus buat ngetes kemampuan bahasa Inggrisku. Alhamdulillah kemarin waktu liburan juga udah ikut program sekolah ke Kampung Inggris Pare. Jadi, kesempatan ini sebagai praktik,” tambah Nuke Asyura, siswa kelas 9.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penyambutan peserta pertukaran budaya. SMP Muhammadiyah 4 Surabaya dalam pertukaran budaya ini bekerja sama dengan AIESEC. Organisasi pemuda internasional ini memang beberapa tahun terakhir dipercaya oleh sekolah untuk mengenalkan budaya dan wawasan global kepada siswa melalui volunteer atau relawan dari beberapa negara.

“Kegiatan kerja sama dengan AIESEC ini memang sudah dilakukan beberapa tahun terakhir. Kami ingin lewat volunteer yang tergabung dalam AIESEC, siswa dapat belajar budaya global. Selain itu, siswa juga bisa mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris yang mereka kuasai untuk berinteraksi dengan volunteer dari AIESEC,” ujar Asep Saputro, Kepala SMP Muhammadiyah 4 Surabaya.

Taufiqur Rohman
Guru SMP Muhammadiyah 4 Surabaya
taufiqurrohman3@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved