Berita Sidoarjo

HUT Pramuka 2018, Bupati Sidoarjo dan Ratusan Pelajar Melepas Burung di Alun-Alun

Memperingati HUT Pramuka 2018, Bupati Sidoarjo bersama ratusan pelajar membebaskan burung-burung di Alun-alun Sidoarjo.

HUT Pramuka 2018, Bupati Sidoarjo dan Ratusan Pelajar Melepas Burung di Alun-Alun
surabaya.tribunnews.com/m taufik
Peringatan HUT Pramuka 2018 di Alun-alun Sidoarjo, Selasa, 14 Agustus 2018 

SURYA.co.id | Hari ini, 14 Agustus 2018, Pramuka merayakan dirgahayu ke-57.  Di Sidoarjo, peringatan Dirgahayu ke-57 ini diperingati dengan kegiatan melepas burung di Alun-alun

Kegiatan HUT Pramuka 2018 ini diikuti oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, bersama para pejabat dan ratusan siswa dari berbagai sekolah di Sidoarjo. 

Kegiatan tersebut dilakukan setelah upacara peringatan hari Pramuka ke-57 di alun-alun Sidoarjo. Acara pelepasan burung disebut sebagai simbol untuk mengajak masyarakat peduli dan selalu menjaga kelestarian alam.

"Kita harus bersama-sama menjaga alam kita, dan selalu peduli terhadap kelestarian lingkungan dan satwa yang ada," kata Saiful Ilah yang juga menjadi Ketua Majelis Bimbingan Cabang (Mabicab) Pramuka Sidoarjo.

Upacara dan kegiatan dalam Hari Pramuka ini diikuti oleh 1.500 peserta dan 500 undangan dari berbagai sekolah di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Mulai dari sekolah SD hingga SMU/SMK.

Menurut Saiful Ilah, di usianya yang ke-57 tahun ini gerakan pramuka telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa.

“Karena itu, masyarakat khususnya para orang tua dan guru, agar tidak ragu – ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra – putrinya dalam mengikuti kegiatan pramuka," imbaunya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin juga mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya kepada seluruh anggota pramuka Sidoarjo untuk bersama – sama peduli menjaga kelestarian alam dan satwa liar.

Di hadapan para peserta upacara, Wakil Bupati Sidoarjo mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan alam.

Baca: HUT Pramuka 2018, ini Sejarah Gerakan Pramuka yang Dimulai Dari Kegelisahan Soekarno

“Peringatan HUT Pramuka yang ke 57 ini tadi kita melepas 57 burung derkuku, puluhan burung gereja dan burung emprit yang dibeli dari pasar burung, mereka dilepas agar bisa hidup kembali di alam bebas”, kata Nur Ahmad.

Di acara ini juga dilakukan penganugerahan tanda penghargaan Lencana Darmabakti kepada tiga anggota dewasa Gerakan Pramuka, antara lain Nur Ahmad Syaifuddin, Syamsul Huda dan Johanes Tri Siswoadji.

Lencana Jasa Darma Bakti adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, milik, dana, dan fasilitas yang cukup besar, dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan.

Selanjutnya penganugerahan tanda penghargaan Lencana Pancawarsa Pramuka diberikan kepada 5 orang perwakilan anggota pramuka. Mereka antara lain Imam Chambali, Aniswati, Fatoni, Muhammad, Zaim dan Suci Nur Amalia.

Penghargaan ini diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

Penulis: M Taufik
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help