Berita Sumenep Madura

Ongkos Menuju Pulau Wisata Gili Labak Madura Turun, Sekarang jadi Rp 80.000

#Sumenep - Pemerintah Sumenep Madura turunkan ongkos menuju Pulau wisata Gili Labak menjadi Rp 80.000. Ini alasannya...

Ongkos Menuju Pulau Wisata Gili Labak Madura Turun, Sekarang jadi Rp 80.000
Antaranews.com
Pulau wisata Gili Labak 

SURYA.co.id I SUMENEP - Keluhan tentang berbeda-bedanya ongkos atau tarif angkutan perahu dari Sumenep ke Pulau Wisata Gili Labak, ditanggapi serius Kepala Dinas Pariwisata Sumenep, Sofiyanto.

Ia dibuktikan dengan kesepakatan tarif ongkos ke Pulau Gili Labek dengan besaran yang sama.

"Kami sudah menyepakati persamaan tarif angkutan perahu ke Pulu Gili Labek yakni Rp 80.000 per orang pulang pergi," kata Sofiyanto, Kamis (31/3/2016).

Besaran tarif ini berlaku dari dermaga atau pelabuhan di mana saja. Baik dari pelabuhan Kalianget, pelabuhan rakyat Gersik Putih, pelabuhan Dungkek dan pelabuhan Tanjung Seronggi Sumenep.

Alasan tersebut karena jarak keempat pelabuhan Sumenep ke Pulau Gili Labek tak jauh berbeda.

"Karenanya para wisatawan tinggal memilih mau berangkat dari pelabuhan mana saja, yang jelas ongkosnya sama Rp 80.000 net," tegas mantan Kabag Humas Pemkab Sumenep ini.

Lalu, bagaimana dengan batasan jumlah penumpang? Sofi mengatakan pemilik perahu tidak menargetkan berapa penumpang yang ada. Kapal juga harus berangkat kendati isi penumpang hanya lima orang.

"Itu konsekuensi, karena tentu saja jumlah penumpang bervariatif, tergantung rejeki si pemilik perahu, Kalau pas jamnya berangkat kebetulan penumpang banyak, ya bersyukur. Begitu juga sebaliknya bila saatnya berlayar penumpangnya sedikiti, ya harus berangkat pula," imbuhnya.

Selain penyamaan tarif, penyedia angkutan atau pemilik perahu juga diwajibkan menyediakan fasilitas keselamatan penumpang.

Salah satunya dengan wajib menyediakan baju pelampung sebanyak 20 set, dan dalam satu tim pemilik perahu menyediakan tenaga atau juru penolong penumpang jika terjadi musibah di laut.

"Kalau ada yang tidak melengkapi dengan alat-alat keselamatan penumpang, makan akan diberikan tindakan tegas, termasuk memberhantikan perahunya mengangkut penumpang jurusan pulau tersebut," pungkasnya.

Selain masalah penerapan persamaan ongkos atau tarif angkutan perahu ke Pulau Gili Labek, saat ini juga di lokasi wisata Pulau Gili Labek sudah disediakan sejumlah fasilitas umum seperti kamar mandi atau pemilasan, toilet serta persewaan alat menyelam snorkeling (Berenang di permukaan) atau diving (menyelam di kedalaman)

Penulis: Moh Rivai
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved