Hore, Kereta Api Kini Berhenti di Lumajang

Saat pembukaan, ada sembilan penumpang Logawa naik dan dua penumpang KA Mutiara Timur Siang yang naik dan dua turun di Stasiun Jatiroto.

SURYA.CO.ID | JEMBER - Warga Kabupaten Lumajang yang hendak naik kereta api, kini tidak perlu jauh-jauh datang ke Stasiun Tanggul atau Jember, sebab Stasiun Jatiroto Kabupaten Lumajang dioperasikan kembali setelah sekitar 10 tahun tidak digunakan, Selasa (7/4/2015).

"Sebelumnya memang tidak digunakan, ada sekitar 10 tahun tidak difungsikan. Mulai 12 Maret lalu sudah melayani pembelian tiket, kemudian 7 April kemarin secara resmi dibuka kembali," ujar Manajer PT KAI Daerah Operasional IX Jember Eko Sri Mulyanto kepada Surya, Kamis (9/4/2015).

Kabupaten tetangga Jember itu memiliki tiga stasiun yakni Klakah, Randuagung, dan Jatiroto. Pemkab Lumajang mengajukan permintaan kepada PT KAI agar stasiun di Lumajang, terutama Stasiun Jatiroto dan Klakah, untuk dibuka kembali.

KA penumpang tidak berhenti di Stasiun Klakah sejak 2013, ketika PT KAI mulai memberlakukan pelarangan pedagang asongan berjualan di dalam kereta api. Sedangkan Stasiun Jatiroto dan Randuagung lebih lama tidak difungsikan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

"Rupanya yang lebih siap dulu Stasiun Jatiroto sehingga bisa kami fungsikan kembali untuk menaikkan dan menurunkan penumpang," lanjut Eko.

Sebagai tahap ujicoba, PT KAI Daops IX memberi jatah kepada KA Mutiara Timur Siang jurusan Banyuwangi - Surabaya, dan KA Logawa jurusan Jember - Purwokerto untuk berhenti di stasiun tersebut.

Menurut Eko, animo masyarakat cukup baik. Saat pembukaan, ada sembilan penumpang Logawa naik dan dua penumpang KA Mutiara Timur Siang yang naik dan dua turun di Stasiun Jatiroto.

"Bahkan untuk penjualan tiket, sejak 12 Maret hingga 7 April, mampu mengumpulkan Rp 12 Juta. Angka yang lumayan daripada nol," imbuh Eko.

Fuad, salah satu warga Kota Lumajang bahkan menginginkan agar ada tambahan KA yang berhenti di Jatiroto. "Kalau bisa Tawangalun (Banyuwangi - Malang) juga berhenti. Sejak tidak ada kereta yang berhenti di Lumajang, kalau hendak naik kereta harus ke Tanggul atau ke Jember dulu," ujarnya.

Baca selengkapnya di Harian Surya edisi besok. LIKE Facebook Page www.facebook.com/SURYAonline FOLLOW www.twitter.com/portalSURYA

Tags
Kereta Api
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Wahjoe Harjanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved