Berita Situbondo

Soal Perebutan Kursi Demokrat Jatim dengan Anak Pakde Karwo, Emil Berdalih Masih Fokus Jadi Plt

Penulis: Izi Hartono
Editor: Deddy Humana
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak disambut Bupati Situbondo, Karna Suswandi di kantor DPC NU Situbondo, Senin (25/10/2021).

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak mendapat banyak pertanyaan dari wartawan terkait peluangnya mencalonkan diri dalam bursa pemilihan Ketua DPD Demokrat Jatim. Beberapa kali Emil hanya menyatakan bahwa ia masih menunggu arahan dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat.

Selain itu, Emil menyatakan masih menjadi Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, sesuai yang diamanahkan partai melalui Ketua Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

"Ya amanat itu yang saya akan terus jalankan dengan baik sampai sekarang, " ujar Emil saat melakukan kunjungan kerja ke kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU) Situbondo, Senin (25/10/2021).

Emil mengaku, semalam sebelumnya ia bersama AHY melakukan jejaring bersama para kiai di Banyuwangi. Ia bersyukur karena sudah banyak para kiai yang justru memperkuat Partai Demokrat secara langsung agar langkah partai ini istikamah sesuai petunjuk dan nasehat para kiai.

"Alhamdulillah. Ini bukan kiai yang bergabung ke Demokrat, tetapi Demokrat yang bergabung dengan para kiai," ujar Emil.

Keengganan Emil juga terlihat saat ditanya kemungkinan bersaing dengan Bayu Airlangga di bursa calon Ketua DPD Demokrat Jatim, Bayu Airlangga merupakan anak dari mantan Gubernur Jatim, Soekarwo atau Pakde Karwo. Apalagi jadwal Musda Demokrat Jatim juga belum dipastikan.

Emil menegaskan masih akan fokus menjalankan tugas sebagai Plt ketua, namun untuk persoalan (pencalonan), ia menyerahkan kepada ketua DPP Demokrat. "Kalau itu saya serahkan ke ketua DPP, " elaknya.

Sebelum menghadiri bincang santai dengan para pengurus cabang NU Situbondo, Emil sempat bersilaturrahim dengan pengasuh Pondok Pesantren Salafi Syafi'ah Sukorejo, Kiai Azaim Ibrahimy.

Di sela kunjungan ke Ponpes Salafi Syafi'iyah. orang nomor dua di Jawa Timur ini menyempatkan diri meninjau pelaksanaan vaksinasi para santri Ponpes Salafi Syaifi'iyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo. Tidak hanya itu, Emil juga meninjau kondisi klinik milik milik PC NU di Desa Panji Lor, Kecamatan Panji. *****