KKB Papua

Kondisi Terkini Para Nakes Kiwirok yang Trauma Akibat Kebrutalan KKB Papua: Komnas HAM Turun Tangan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para tenaga kesehatan (nakes) yang berhasil di evakuasi dari Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang ke Jayapura, Jumat (17/9/2021). Simak Kondisi Terkini Para Nakes Kiwirok yang Trauma Akibat Kebrutalan KKB Papua.

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Musahadah

SURYA.co.id - Berikut kondisi terkini para tenaga kesehatan (nakes) di Distrik Kiwirok yang trauma karena jadi korban kebrutalan KKB Papua.

Komnas HAM pun turun tangan untuk memberikan trauma healing.

Komnas HAM Perwakilan Papua mengandeng lembaga psikologi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura melakukan pemulihan psikis dan percakapan dengan para tenaga kesehatan korban kekerasan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Jumat.

Kepala Komnas HAM Perwakilan Papua Frits G. Ramandey mengatakan bahwa trauma healing kepada nakes korban kekerasan KKB Papua di Kiwirok bisa pulih secara bertahap dan memberikan keterangan di Polda Papua.

"Komnas HAM Perwakilan Papua sangat bersyukur karena program pendampingan nakes korban bisa berjalan sesuai dengan rencana kegiatan," kata Frits di Jayapura, melansir dari ANTARA.

Baca juga: Permintaan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa kepada Jenderal Andika Perkasa Setelah Serangan KKB Papua

Dari sejumlah nakes korban kekerasan KKB Papua, menurut Frits, hingga saat ini kondisi kejiwaannya telah beransur pulih.

Dari hasil pendampingan nakes korban kekerasan KKB Papua di Kiwirok, mereka sudah mau bicara.

Komnas HAM Perwakilan Papua, menurut Frits, hingga saat ini juga telah berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi Korban (LPSK).

Pemkab Pegunungan Bintang juga diminta untuk beri jaminan terhadap hak-hak pekerja.

Halaman
1234