Breaking News PPKM Diperpanjang

BREAKING NEWS PPKM Diperpanjang 4 Oktober, Anak-anak Boleh Masuk Mal, Ini Aturan Masuk Bioskop

Editor: Suyanto
Vaksinasi Covid-19 untuk siswa SD di Kota Madiun.

SURYA.co.id I JAKARTA - Masa PPKM diperpanjang dua pekan hingga 4 Oktober 2021 mendatang.

Keputusan itu diumbukan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers terkait Perpanjangan PPKM secara virtual, Senin (20/9/2021).

Menurut Luhut Binsar Pandjaitan, perpanjangan PPK itu diiring sejumlah penyesuaian aturan aktivitas mayarakat.

Diantaranya pelonggarann masuk mal. Kini anak di bawah 12 tahun boleh masuk pusat perbelanjaan. "Dengan pengawasan dan pendampingan orangtua yang akan diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Surabaya," kata Luhut.

Masuk Biskop

Luhut juga mengatakan, pembukaan bioskop di kabupaten/kota dengan status PPKM Level 3 dan Level 2 diperbolehkan menerima pengunjung kategori kuning dalam aplikasi PeduliLindungi.

Adapun warna kuning atau oranye dalam aplikasi PeduliLindungi ialah pengunjung yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Kelompok ini diizinkan masuk ke ruang publik setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut.

"Pembukaan bioskop dengan kapasitas maksimal 50 persen pada kota-kota level 3 dan level 2, namun dengan kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi serta penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Luhut juga menegaskan, di wilayah Jawa dan Bali sudah tidak ada daerah level 4. "Saat ini tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa/Bali, semua di level 3 dan 2," Meski diperpanjang, dilakukan perubahan aturan pada sejumlah sektor selama masa PPKM. Namun, perubahan ini disebut Luhut tidak dilakukan secara drastis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Mal Uji Coba Bolehkan Anak di Bawah 12 Tahun