Kanal

Mahasiswi UC Surabaya Buat Aplikasi Pencatat Keuangan, Pengguna Dapat Membatasi Pengeluaran Harian

Mahasiswi Teknik Informatika Universitas Ciputra Surabaya Tinara Nathania menunjukkan aplikasi Monete hasil karyanya bersama Michelle Alexandra Dinata, Jumat (15/5/2020).

SURYA.co.id | SURABAYA - Kebanyakan orang mencatat keuangan menggunakan cara lama, yakni laptop atau buku kas.

Padahal cara tersebut beresiko karena bisa kehilangan data jika laptop bermasalah dan buku kas bisa rusak jika terkena air tumpah.

Mengatasi problem tersebut dua mahasiswi Teknik Informatika menciptakan prototipe software Monete untuk membantu dalam mencatat keuangan harian.

Mereka adalah Tinara Nathania Wiryonoputro dan Michelle Alexandra Dinata yang membutuhkan waktu sekitar 3 minggu untuk dapat menciptakan software tersebut.

"Dari pencarian ide sampai programming, kurang lebih memakan waktu 3 minggu, dan itu pun masih prototype," kata Tinara kepada Surya.co.id, Jumat (15/5/2020).

Tinara mengungkapkan awal kepikiran saat merancang software tersebut dikarenakan melihat dari kebutuhan diri ketika merasa kesulitan untuk mengatur keuangan.

"Jadi kami berdua akhirnya memilih untuk membuat Expense Tracker. Nah dari situlah ide kami berkembang hingga akhirnya jadilah Monete," ungkap mahasiswi semester dua tersebut.

Software Monete ini didesain khusus dengan desain custom agar tidak monoton saat digunakan.

"Software kami juga memiliki design yang custom, kami tidak ingin software kami terlihat seperti software android yang monoton, selain itu user juga dapat melihat semua pengeluaran secara keseluhan karena adanya pie chart," terang Tinara.

Selain didesain tidak monoton, Software ini memiliki kelebihan, memungkinkan user dapat melihat pengeluaran terbesar dan terkecil bahkan sisa jumlah uang mereka sekalipun.

Halaman
12
Penulis: Zainal Arif
Editor: Parmin

Berita Populer