Berita Kota Kediri

Menjaring Calon Pesepakbola Wanita, ASBWI Menggelar Coaching Clinic di SMAN 8 Kota Kediri

Kegiatan coaching clinic peluang bagi putri terbaik Kota Kediri untuk bergabung dalam tim sepak bola wanita.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Deddy Humana
surya.co.id/didik mashudi
Para siswi SMAN 8 Kota Kediri mengikuti coaching clinic sepak bola wanita yang digelar ASBWI, Kamis (25/5/2023). 

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI - Untuk mendapatkan pemain sepak bola wanita yang handal, Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) menggelar coaching clinic di SMAN 8 Kota Kediri, Kamis (25/5/2023). Kegiatan ini dihadiri Sekjen ASBWI, Soraya Farina serta diikuti 40 siswi SMAN 8.

Selain menjelaskan teknik, juga dilakukan praktik lapangan bermain sepak bola wanita. Soraya menjelaskan, kegiatan coaching clinic merupakan rangkaian kegiatan yang digelar di sejumlah provinsi dan kota di Indonesia.

Kegiatan digelar di SMAN 8 Kota Kediri karena ASBWI dan PSSI memiliki target sampai 2028 tim nasional sepak bola wanita masuk ke Piala Asia. Sehingga area pemain yang diperhatikan, namun juga kualitas sumber daya manusia yang ikut mendukungnya.

Sasarannya anak -anak SMA yang mulai memilih karier untuk masa depannya. "Kami ingin memperkenalkan ada banyak diversifikasi karier, khususnya sepak bola wanita," jelasnya.

Dipilihnya SMAN 8 Kota Kediri karena salah satu sekolah yang banyak melahirkan atlet berprestasi. Apalagi SMAN 8 juga memiliki progam untuk melahirkan atlet cabang olahraga lainnya, termasuk sepak bola. Diharapkan dari SMAN 8 banyak melahirkan pemain sepak bola wanita karena di Jatim sudah terbentuk kepengurusan ASBWI.

Pada tahap selanjutnya juga digelar kegiatan kompetisi yang didahului dengan kegiatan festival sepak bola wanita yang akan rutin digelar. Dan juga akan digelar kompetisi mulai kelompok usia 15 tahun dan usia 17 tahun yang saat itu telah dimulai.

Sementara Mardji,SPd, Kepala Sekolah SMAN 8 menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan coaching clinic sepak bola wanita yang digelar ASBWI. "Kegiatan ini sangat positif dan berkesinambungan dengan program SMAN 8 Kota Kediri untuk mewadahi atlet yang ada di Kota Kediri. Kami akan menyiapkan kelas atletnya," jelasnya.

Kegiatan coaching clinic sangat mendukung karena akan memberikan kesempatan dan peluang bagi putri terbaik Kota Kediri untuk bergabung dalam tim sepak bola wanita. Sejauh ini embrio pemain sepak bola wanita masih belum kelihatan. Karena sejauh ini kompetisi sepak bola wanita di Kediri juga belum ada.

SMAN 8 juga telah melahirkan sejumlah pemain sepak bola pria yang masuk tim nasional. Salah satunya penjaga gawang timnas, Nadeo Angga Winata serta Bagas, pemain Liga 1 Persik Kediri. *****

Sumber: Surya
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Klub
    D
    M
    S
    K
    GM
    GK
    -/+
    P
    1
    PSM Makasar
    34
    22
    9
    3
    63
    8
    35
    75
    2
    Persija Jakarta
    34
    20
    6
    8
    47
    11
    20
    66
    3
    Persib
    34
    19
    5
    10
    54
    25
    4
    62
    4
    Borneo
    34
    16
    9
    9
    64
    18
    24
    57
    5
    Bali United
    34
    16
    6
    12
    67
    21
    14
    54
    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved