Pemilu 2024

Elektabilitas di Bawah Parliamentary Threshold, PAN Jatim Justru Sebut Sebagai Modal Penting

Elektabilitas PAN terekam di angka 3,2 persen, DPW PAN Jatim mengaku tetap yakin lolos ambang batas parlemen di Pemilu 2024.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Cak Sur
Istimewa
Ketua Harian DPW PAN Jatim, Achmad Rubaie dalam kesempatan acara beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA -┬áSekalipun hasil jajak pendapat terbaru yang dikeluarkan Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas PAN terekam di angka 3,2 persen, DPW PAN Jatim mengaku tetap yakin lolos ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold di Pemilu 2024.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan terhadap 1.200 responden di 38 provinsi dengan memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan ambang batas kesalahan 2,38 persen.

Survei tersebut, dilakukan pada 29 April-10 Mei 2023. Dalam temuannya, ada beberapa partai yang terancam tak lolos Parliamentary Threshold.

Ketua Harian DPW PAN Jatim, Achmad Rubaie membaca hasil survei tersebut justru menyebutnya sebagai modal penting menatap Pemilu mendatang. Meskipun elektabilitas PAN dari temuan survei itu tidak sampai 4 persen sebagai ambang batas parlemen.

"Justru menurut saya itu lonjakan prestasi kinerja partai yang luar biasa," kata Rubaie saat dikonfirmasi SURYA.CO.ID dari Surabaya, Kamis (25/5/2023).

Politisi kawakan itu beralasan dari beberapa pengalaman pemilu sebelumnya, elektabilitas PAN dalam hasil survei pernah mendapat sekitar 2 persen. Bahkan pernah 1 sekian persen.

Namun, lanjut Rubaie, pihaknya bersyukur partai berlambang matahari bersinar itu tetap bisa lolos ke parlemen.

Sehingga, temuan survei Litbang Kompas itu dianggap sebagai modal besar menyongsong kontestasi mendatang.

"Kalau kemarin aja kami optimis, apalagi sekarang 3,2 persen. Tentu sangat optimis. Itu modal yang dahsyat," ujarnya.

Rubaie menganggap temuan tersebut sebagai modal penting, sebab itu masih murni merupakan elektabilitas partai.

Sedangkan dalam perebutan suara pada Pemilu, juga akan ada kontribusi elektabilitas calon legislatif atau caleg yang diberangkatkan.

"Kinerja partai sekarang di bawah kepemimpinan Pak Zulkifli Hasan juga luar biasa. Beliau cerdas, lihai, komunikatif dan pekerja keras. Jadi kami tentu optimis," tambahnya.

Lebih jauh, Rubaie menyebut optimisme itu juga lantaran sejumlah persiapan. Misalnya infrastruktur partai saat ini sudah dibangun, termasuk di tingkat Jawa Timur. Untuk mengamankan suara di Pemilu, PAN Jatim sudah membentuk saksi berbasis TPS.

Pelatihan para saksi disebut sudah dilakukan dan akan digelar secara rutin hingga mendekati pemilu mendatang.

"Itu prasyarat untuk kami sukses di dalam Pileg yang akan datang," tandasnya.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN juga meyakini partainya tetap bisa lolos ke parlemen. Ini sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi. Bahkan, PAN memasang target tinggi yakni perolehan suara 11 persen.

"Insya Allah PAN akan optimis memenuhi target perolehan 11 persen atau setara dengan 65 kursi DPR RI," katanya dikutip dari Tribunnews.com

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved