Berita Surabaya

Puluhan Narapidana Beragama Hindu Asal Jatim Mendapat Remisi Hari Raya Nyepi, 1 Orang Langsung Bebas

Di momen Hari Raya Nyepi ini, puluhan warga binaan yang beragama Hindu di Jawa Timur, mendapat remisi atau potongan masa pidana.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Tony Hermawan
Warga binaan beragama Hindu tampak bahagia mendapat remisi Hari Raya Nyepi 2023. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Hari raya keagamaan memang selalu dinantikan seluruh warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas). Tak terkecuali bagi warga binaan yang beragama Hindu.

Pasalnya, di momen Hari Raya Nyepi ini, mereka bisa mendapat remisi atau potongan masa pidana.

Sembilan lapas dan tiga rumah tahan (rutan) di Jawa Timur pun memberikan hak remisi bagi warga binaan dengan status umat Hindu. Setidaknya, ada 23 warga binaan yang beruntung mendapat kado istimewa itu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari mengatakan, jumlah itu sama dengan jumlah yang diusulkan.

Hanya saja jumlah remisi yang diterima warga binaan bervariatif. Ada yang mendapat potongan masa kurungan penjara 60 hari, ada juga yang mendapat diskon hukuman 15 hari.

Bahkan, dari puluhan warga binaan yang mendapat remisi, ada 1 orang yang bernasib beruntung. Setelah mendapat remisi, langsung diizinkan pulang. Itu karena masa hukumannya habis setelah dikurangi remisi.

“Awalnya kami mengusulkan 23 orang semuanya RK 1, namun ketika proses verifikasi ada seorang WBP ketika sudah mendapatkan RK Nyepi 2023, expirasinya lebih maju dan dikategorikan menjadi RK 2, sehingga bisa langsung bebas pada 23 Maret 2023,” terang Imam Jauhari.

23 warga binaan apabila digolongkan menurut tindak pidana ada 2 macam pelanggaran hukum. Sebanyak 12 warga binaan tergolong pelaku tindak pidana khusus. Sedangkan 11 orang lainnya pelaku tindak pidana umum.

Imam berharap semua warga binaan yang mendapat remisi umum ini, agar tidak kembali terjerat masalah hukum. Terutama satu orang yang mendapat remisi bebas, diminta ke depan tidak pernah kembali di lapas.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved