Berita Trenggalek

Permudah Warganya, Pemkab Trenggalek Tingkatan Kualitas Layanan Publik dengan Program 'Mening Deh'

Pemerintah Kabupaten Trenggalek berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dengan menciptakan berbagai inovasi dan terobosan.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Cak Sur
Istimewa
Wakil Bupati Trenggalek, Syah M Natanegara saat menghadiri Forum Koordinasi Pelayanan Publik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (13/3/2023). 

SURYA.CO.ID, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek berkomitmen meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dengan menciptakan berbagai inovasi dan terobosan.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Bupati Trenggalek, Syah M Natanegara usai menghadiri Forum Koordinasi Pelayanan Publik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (13/3/2023).

Baru-baru ini, Pemkab Trenggalek telah melaunching Cafe Pelayanan Publik, di mana semua layanan yang dimiliki dipusatkan satu pintu di pusat layanan ini.

Terbaru, Pemkab Trenggalek juga membuat terobosan dengan menjalankan program Makaryo Ning Desa, Desa Hebat atau "Mening Deh".

"Program ini, bertujuan mendekatkan pelayanan yang dimiliki dibawa ke desa untuk mendekatkan layanan ke masyarakat," kata Mas Syah, sapaan Wabup Trenggalek, Senin (13/3/2023).

Program tersebut, berawal dari kesadaran Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan Wabup Syah M Natanegara akan topografi Kabupaten Trenggalek yang dikelilingi oleh pegunungan.

Hal tersebut, membuat masyarakat tak bisa setiap waktu mengakses kemudahan teknologi yang dihadirkan.

Terlebih lagi jika harus mendatangi pusat pelayanan pemerintah di kecamatan kota, mereka harus meluangkan waktu dan dana untuk perjalanan yang tak sebentar.

Yang tak kalah penting, melalui program Mening Deh, masyarakat bisa wadul langsung ke bupati dan wakil bupati sehingga program dan kebijakan dari pemerintah ke depan bisa lebih tepat.

"Ini salah satu upaya kami memperbaiki penyelenggaraan pelayanan publik. Karena pada dasarnya kami adalah abdi masyarakat, sehingga sudah sepantasnya kami memberikan pelayanan yang baik," lanjutnya.

Hal tersebut senada dengan arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas yang menyerukan perbaikan penyelenggaraan pelayanan publik.

"Arahan presiden, birokasi harus berdampak," jelas Azwar Anas.

Lebih lanjut, Azwar Anas menambahkan, Kemenpan-RB tengah berupaya penuh dalam penyerdahanaan birokrasi.

"Dulu konsentrasi tata kelola di hulu, sekarang lebih ke hilir. Reformasi birokrasi akan baik bila kemiskinan itu turun," ucap mantan Bupati Banyuwangi itu.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved