Berita Situbondo

Jaga Stok Pupuk Bersubsidi, Bupati Situbondo Akan Cabut Kios Yang Menjual di Luar Kelompok Tani

Kalau ada kios pupuk bersubsidi yang tetap melayani pembelian di luar kelompok tani, maka saya akan cabut izin usahanya

Penulis: Izi Hartono | Editor: Deddy Humana
surya/izi hartono
Bupati Situbondo, Karna Suswandi. 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - Ketersediaan pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian di Situbondo pada tahun 2023 termasuk tinggi, yaitu mencapai 51.514 ton yang terdiri dari Urea sebanyak 30.626 ton dan Phonska 20.889 ton.  Tetapi alokasi melimpah itu disertai peringatan keras dari Pemkab Situbondo, yaitu ancaman untuk mencabut kios yang menjual pupuk bersubsidi itu di luar kelompok tani yang ditentukan.

Penegasan itu disampaikan Bupati Situbondo, Karna Suswandi setelah ada kepastian bahwa pemda menyediakan pupuk bersubsidi pada 2023, Rabu (25/1/2023). Bahkan Bupati Karna akan menurunkan tim untuk memantau pembelian pupuk bersubsidi di semua kios pupuk di wilayah Situbondo.

"Tim pengawas pupuk dan pestisida akan melibatkan Kepolisian,Kejaksaan, Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan. "Sesuai petunjuk saya, semua kelompok tani yang ditentukan akan dipajang di kios pupuk bersubsidi," tegas Bung Karna, sapaan bupati.

Mantan Kadis PUPR ini berharap, dengan dipajangnya nama-nama kelompok tani itu, maka para pemilik kios pupuk bersubsidi tidak melayani masyarakat yang tidak terdaftar sebagai penerima. "Kalau ada kios pupuk bersubsidi yang tetap melayani pembelian di luar kelompok tani, maka saya akan cabut izin usahanya," kata Bung Karna.

Pihaknya juga mengimbau distributor memperketat pendistribusian pupuk agar tidak terjadi penyimpangan. "Kalau masih juga kita temukan pelanggaran, izin distributor dicabut demi mengamankan kebutuhan pupuk untuk petani kita," tambahnya.

Karena itulah, pihaknya meminta masyarakat bisa memahami upaya pemda mengawasi distribusi dan mekanisme penjualan pupuk bersubsidi itu. "Ini upaya kita dalam menjaga ketersediaan pupuk pada 2023 ini," tukasnya

Sementara terkait bantuan pupuk gratis, Bung Karna mengatakan, kuota untuk petani memang ada tambahan dibandingkan tahun sebelumnya. Pupuk gratis itu akan disalurkan ke petani pada musim tanam ketiga. "Untuk tahun ini ada tambahan sekitar 600 ton pupuk gratis yang disiapkan," tandasnya. *****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved