Berita Situbondo

408 PPS Pemilu 2024 di Situbondo Dilantik, Ketua KPU Minta Bekerja Tegas dan Lugas Menjalan Regulasi

408 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Situbondo dilantik, Selasa (24/01/2023).

Penulis: Izi Hartono | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Izi Hartono
Pelantikan PPS Pemilu 2024 di Gedung Olah Raga Rengganis, Pemkab Situbondo, Selasa (24/1/2023). 

SURYA.CO.ID, SITUBONDO - 408 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Situbondo dilantik, Selasa (24/01/2023).

Ratusan PPS tersebut, dilantik langsung ketua KPU Situbondo, Marwoto di Gedung Olah Raga Rengganis, Pemkab Situbondo dan dihadiri Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Pasca dilantik, para PPS akan langsung bekerja sesuai tahapan. Yakni tahapan pembentukan pantarlih atau panitia pemutahiran pemilih.

Marwoto mengatakan, sesuai dengan PKPU nomor 8 tahun 2022, KPU pada tanggal 24 Januari 2023 ini harus melakukan sumpah dan janji.

"Pada hari ini, kita sudah mengambil sumpah dan janji 408 anggota PPS yang tersebar di 136 desa dan kelurahan, " ujar Marwoto, usai pelantikan PPS Pemilu 2024, Selasa (24/01/2023).

Ia menegaskan, pihaknya akan menekannya agar PPS bekerja sesuai regulasi yang ada. Yakni PPS harus tegas, tepat dan lugas dalam menjalan aturan yang ada serta berintegritas.

"Sehingga dengan demikian hasil yang terpilih berkualitas," tukasnya.

Setelah diambil sumpah dan janjinya, lanjut Marwoto, maka para PPS langsung melakukan tahanan penataan pantarlih, karena daftar pemilih tetap akan turun.

"Selain itu, PPS juga mempersiapkan perekrutan KPPS, ini kerja PPS pasca dilantik," katanya.

Dikatakan, dalam Pemilu 2024, ada pembagian sebanyak 101 dari proyeksi yang ada dengan total sebanyak 2323 TPS yang tersebar di wilayah Kabupaten Situbondo.

Penambahan jumlah TPS ini, kata Marwoto, karena adanya surat keputusan KPU yang diharuskan untuk membuat TPS khusus yang Adi rumah tahanan (Rutan) dan pesantren pesantren.

"Kalau sebelumnya, di Situbondo ada sebanyak 2222, sekarang ada bertambah 102 TPS. Jadi total TPS seluruhnya ada sebanyak 2303 TPS yang tersebar di Kabupaten Situbondo, " jelasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi meminta agar para PPS yang baru dilantik melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya.

"Tadi sudah disampaikan ketua KPU, bahwa agar seluruh PPS yang tugasnya mengawal demokrasi di Indonesia ini yang jujur, langsung, umum, bebas dan rahasia serta adil.

"Tentu ini harus dipedomani oleh seluruh anggota PPS se Kabupaten Situbondo," kata Bung Karna, panggilan Bupati Situbondo.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved