Berita Nganjuk

Terus Pantau Basis-Basis Persilatan, Kepolisian Ingin Pastikan Stabilitas Kamtibmas di Nganjuk

Sugino menjelaskan, patroli kewilayahan tersebut terutama diarahkan ke wilayah permukiman dan kantong basis perguruan silat.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: Deddy Humana
surya/ahmad amru muiz
Jajaran Polsek Bagor Polres Nganjuk menggelar patroli ke tempat berkumpul anak pemuda untuk memberikan imbauan agar tidak terjadi gesekan. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Berbagai upaya mulai pertemuan, silaturrahim, mediasi sampai sosialisasi sudah kerap dilakukan Polres Nganjuk untuk mencegah potensi gesekan antar anggota persilatan. Tetapi jajaran kepolisian di Nganjuk tetap memantau situasi kamtibmas terutama di kantong-kantong perguruan silat dan keramaian, untuk mencegah potensi gesekan.

Karena itu Polsek Bagor Polres Nganjuk tetap menggelar patrolo kewilayahan. Salah satunya ke tempat rawan gesekan antar perguruan silat atau pemuda di wilayah Kecamatan Bagor.

Kapolsek Bagor Polres Nganjuk, Iptu Sugino menjelaskan, patroli kewilayahan tersebut terutama diarahkan ke wilayah permukiman dan kantong basis perguruan silat.

"Alhamdulillah semuanya kondusif, sejumlah titik rawan gesekan antar pemuda maupun perguruan silat yang kami patroli, aman dan tertib," kata Sugino didampingi Kasi Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Senin (23/1/2023).

Dikatakan Sugino, patroli tersebut akan terus dilaksanakan meskipun terkesan rutinitas, namun yang dilakukan oleh personel itu memiliki dampak positif dalam upaya menciptakan situasi yang kondusif. "Yang pasti, tidak ada gesekan, tawuran antar pemuda maupun perguruan silat, maupun gangguan kamtibmas lainnya tidak terjadi," ujar Sugino.

Sementara kegiatan patroli kewilayahan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat juga digelar personel Polsek Rejoso. Secara berkesinambungan, personil melaksanakan kegiatan patroli kewilayahan guna cegah terjadinya gangguan kamtibmas dan hal hal yang tidak diinginkan.

Kapolsek Rejoso, AKP Gendut Wisoko menjelaskan, patroli kewilayahan dengan sararan permukiman warga serta obyek vital dan daerah persawahan bawang merah dilaksanan sambil dialogis.

Polisi selalu memberikan imbauan kamtibmas untuk turut serta berperan aktif menjaga keamanan lingkungan dan sekitarnya dari para pelaku yang mempunyai niat jahat. "Selain menyampaikan pesan Kamtibmas, petugas patroli juga mengharap warga segera melapor jika terjadi tindak pidana," kata Gendut.

Diakui Gendut, pelaksanaan patroli kewilayahan memberikan dampak dan efek bagi orang yang mempunyai niat melakukan kejahatan atau minimal mengurungkan niat berbuat jahat.

"Untuk itu, kegiatan patroli akan terus dilaksanakan oleh anggota Polsek Rejoso untuk meminimalisir angka atau jumlah kejahatan. Serta memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga wilayah tetap dalam situasi aman, damai dan kondusif," tutur Gendut. ****

Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved